blank
Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih dan Ketua PCNU Moh Dawamudin serta Sekcam Kebumen Juniadi Prasetyo bersama anak yatim pada penyerahan sembako dan santunan dari paguyuban rental Jumat 14/4.(Foto: Kecamatan Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Seiring keberkahan bulan Ramadan 1444 H, paguyuban rental Kebumen (PRK) memberikan bantuan sembako dan santunan kepada 170 anak yatim dan piatu.

Pemberian santunan berlangsung di dua tempat. Yaitu di Jalan Soekarno-Hatta, Kebumen, dan juga di Desa Kalibagor, Kecamatan Kebumen, pada Jumat (14/4). Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Ketua PCNU KH Moh Dawamudin Masdar, Sekcam Kebumen Juniadi Prasetyo, serta Ketua PRK Ismanto.

Wakil Bupati Ristawati yang mewakili Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengapresiasi pemberian santunan anak yatim oleh PRK.Kegiatan tersebut setidaknya telah membantu pemerintah dalam penanganan terhadap kaum duafa dan anak yatim.

“Terima kasih kepada panitia dan PRK karena sudah bisa melaksanakan kegiatan pengajian dan santunan. Ini adalah bukti wujud kepedulian kita terhadap sesama,”ujar Ristawati.

blank
Anak yatim bersalaman dengan Pembina Paguyuban RentaL Kebumen Juniadi Prasetyo, Jumat 14/4.(Foto:SB/Kecamatan Kebumen)

Menurut Wakil Bupati, ketika para umara, ulama dan aghnia (orang yang mampu) bersatu, maka seberat apa pun rintangan dalam kehidupan akan lebih mudah dihadapi.“Apabila umara, alama dan aghnia sudah bersatu, akan meringankan tantangan yang semakin berat dalam menjalani kehidupan ini, khususnya untuk saudara-saudara kita yang kurang beruntung,”terang Ristawati.

Sementara itu Ketua PRK Ismanto mengatakan, kegiatan santunan anak yatim dan piatu rutin dilaksanakan tiap tahunn. Lokasinya pun berpindah-pindah dari satu panti ke panti yang lain, dari satu desa ke desa yang lain.“Alhamdulillah di bulan suci Ramadhan ini kami masih bisa dikasih kesempatan untuk memberikan bantuan kepada pihak-pihak yang membutuhkan,”ucapnya.

Selain untuk mengharapkan rahmat dan ridho dari Allah SWT, bantuan sembako ini juga sebagai wujud rasa syukur, dan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama.”Kami berharap kegiatan bisa rutin kita jalankan, bukan hanya setahun sekali, tapi juga di momen-momen tertentu selain Ramadan,”ungkap Ismanto.

Sedangkan Sekcam Kebumen yang juga Plt Lurah Kebumen Juniadi Prasetyo sekaligus pembina PRK mengatakan, pihaknya selaku inisiator sengaja menyelenggarakan kegiatan tersebut guna mendukung program Bupati Kebumen dalam menggerakan perekonomian daerah.

“Kita sengaja adakan di Jalan Soekarno-Hatta (Soetta) ini sekaligus untuk mendorong tumbuhnya roda perekonomian di Kebumen, khusus di Jalan Soetta menjelang buka Puasa supaya makin ramai,”ujar pria yang akrab disapa Juni itu.

Menurut Sekcam, di sepanjang Jalan Soetta saat ini sudah ramai dipadati masyarakat. Terlebih dengan adanya Moro Soeta Takjil dan dibukanya warung kulineran di Pasar Tumenggungan setiap hari.

“Alhamdulillah Soetta saat ini sudah mulai ramai, ekonominya makin bergerak. Banyak orang nongkrong di sini saat malam, sambil santai menikmati Kota Kebumen sembari kulineran dengan suasana redup dan enak,”jelas Juni.

Komper Wardopo