Jenazah Serma (Purn) Sukadi, dimakamkan dengan upacara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa Mojoroto, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Jenazah Serma (Purn) Sukadi, Jumat (14/4), dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa Mojoroto, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, mewakili Dandim 0728 Wonogiri, Danramil-04/Nguntoronadi Kapten (Inf) Budi Utama, tampil memimpin pemakaman yang dilaksanakan dalam upacara militer.

Almarhum sebelumnya disemayamkan di rumah duka di Dusun Tritis RT 02/RW 04, Desa Ngadiroyo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri. Kemudian dilanjutkan dengan pemakaman militer di TMP Kusuma Bangsa.

Serma (Purn) Sukadi lahir 93 tahun lalu, mempunyai NRP 640464. Selama menjadi anggota TNI, almarhum mendapatkan Satya Lencana Bintang Gerilya dan Satya Lencana Aksi Militer II. Almarhum meninggalkan Satu orang istri yakni Ny Riyem dan empat anak.

Kapten (Inf) Budi Utama, menyatakan, pemakaman secara militer merupakan hak dan penghormatan terakhir bagi setiap prajurit TNI yang meninggal dunia. Yakni sebagai penghargaan dari negara atas jasa-jasa dan darma baktinya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dikemukakan, jajaran TNI telah kehilangan seorang anak bangsa terbaik, yang selalu memegang teguh prinsip-prinsip perjuangan, serta setia kepada NKRI, dengan bekerja keras dalam mengemban setiap tugas negara yang menjadi tanggungjawabnya.

”Atas nama negara, Tentara Nasional Indonesia dan seluruh yang ditinggalkan, kami menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya disertai doa yang tulus,” tandas Kapten (Inf) Budi Utama.

Semoga, tambah Kapten (Inf) Budi Utama, almarhum diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, kekuatan dan bisa menerima dengan berlapang dada serta teguh hati.

Bambang Pur