Oleh Hj. Deny Ana I’tikafia,SP.MM

Tak terasa kita telah melewati Ramadhan 1444 H hingga memasuki hari ke 20. Kita tinggal jalani sepertiga ramadhan.

Berbagai aktivitas sudah dilalui dari mulai sahur hingga sholat tarawih, tadarus dan semuai rangkaian ibadah telah kita jalani lagi.

Kini di hari ke 21 ramadhan, tepat di hari Rabu 12/04/2023 M, kita tinggal menghitung hari, mempersiapkan jelang idul fitri selalu ada saja yang di persiapkan, makanan minuman hingga bingkisan beraneka ragam.

Mengacu pada hadis riwayat muslim bahwa dari Aisyah RA, Rasullullah SAW sangat bersungguh-sungguh (beribadah) pada sepuluh hari terakhir (bulan ramadhan), melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut.

Sebagaimana firman-Nya dalam surat Al Araf ayat 31. “Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.”

Marilah kita tetap konsisten menjalankan seluruh rangkaian ibadah dibulan ramadhan, tetap melaksanakan sesuai ajaran Allah SWT .

Bukan malah sebaliknya, berbelanja di luar batas, berhemat lebih baik, sodaqah lebih diperbanyak, berusaha menyelesaikan isi Al Quran bila perlu sampai artinya.

Meramaikan masjid-masjid diisi dengan kegiatan yang bermanfaat, khususnya kaderisasi agar tumbuh tunas baru dengan semangat muda yang gemilang.

Mempersiapkan segala sesuatunya dengan hemat, juga mengemas kegiatan bernuansa ramah lingkungan.

Semoga apa yang telah kita ikhtiarkan bersama, membuahkan hasil yang bermanfaat bagi kita semua.

Apa yang telah kita laksanakan dibulan suci ini, mendapat ridho Allah SWT, di hari nan fitri kita mempunyai hati yang bersih. Aamin ya robbal alamin.

Penulis adalah pengurus PDA Jepara