blank
Kodim 0728 Wonogiri pimpinan Dandim Letkol (Inf) Deny Octavianto, menggelar upacara mingguan secara rutin setiap awal pekan. Yakni pada hari Senin, dengan pengibaran bendera merah putih.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Upacara bendera mingguan yang rutin digelar setiap awal pekan, Senin (10/4), dilaksanakan di Komando Distrik Milter (Kodim) 0728 Wonogiri. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kapten (Inf) Tono, Komandan Upacara (DanUp) Pelda Hadi dan Perwira Upacara (PaUp) Peltu Suwatno.

Penerangan Kodim 0728 Wonogiri, Pelda Indra, menyatakan, tampil menjadi petugas pengibar bendera personel dari Koramil 20/Kismantoro, pengucap Sapta Marga dipercayakan kepada Serda Dwi Saputra. Upacara diikuti oleh para prajurit TNI Kodim 0728/Wonogiri bersama Minvetcad IV/34 Wonogiri, serta jajaran staf PNS Kodim.

Mewakili Dandim, Pasi Pers Kapten (Cpm) Suparmin, mengatakan, upacara bendera mingguan ini dilaksanakan dalam rangka memupuk jiwa kejuangan, patriotisme, nasionalisme dan solidaritas prajurit.

Juga untuk mengenang jasa para pahlawan dan kiat menumbuhkan jiwa patriotisme, guna menghormati Sang Saka Merah Putih. Berikut untuk menumbuhkan jiwa kedisiplinan, yang bagi prajurit dilakukan dengan mengamalkan Sapta Marga, Delapan Wajib TNI dan Sumpah Prajurit.

Dijelaskan, upacara bendera juga memiliki makna penting, yakni sebagai upaya untuk mengingatkan prajurit TNI khususnya di wilayah Kodim 0728/Wonogiri, sebagai sarana Komando guna menjalin komunikasi antara pimpinan, staf dan anggota. Agar setiap kebijakan, instruksi, petunjuk dan informasi, dapat mengalir dan dipahami secara seksama, untuk dijadikan pedoman dalam setiap pelaksanaan tugas.

Bambang Pur