blank

SUARABARU.ID Oleh: Dr H Sugeng Hariyadi Lc M.A(Kepala Qur’an Learning Center Unissula)

Sering kali kita galau, khawatir dengan keberhasilan dan kesuksesan kita di masa mendatang.  kita menganggap bahwasanya syariat Islam dan amalan-amalan ibadah, perintah maupun larangan terasa berat dan pahit untuk kita terima, apalagi untuk kita laksanakan. Namun Yakinlah terdapat keutamaan pahala yang luar biasa yang tak pernah kita kira-kira. Dalam surat al-Baqarah ayat 216 menjawab pertanyaan dan keraguan keraguan kita. “Itu boleh jadi engkau tidak suka dengan sesuatu namun dibaliknya ada kebaikan dan boleh jadi engkau menyukai sesuatu namun dibaliknya ada keburukan,  Allah tahu dan kalian tidak mengetahuinya”.

Kenapa kita solat lima kali dalam sehari dan semalam? Kenapa kita harus menahan lapar haus di bulan Ramadhan? Kenapa kita harus banyak mengeluarkan dana kekayaan untuk sekedar pergi menunaikan ibadah?.  Kenapa kita harus meninggalkan minuman-minuman yang dilarang oleh syariat Islam?, meninggalkan perbuatan-perbuatan zina dan seterusnya. Barangkali menurut kita enak sekali untuk kita lakukan, untuk kita nikmati di dunia ini. Namun yakinlah Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah menyiapkan berbagai macam karunia kebaikan dan kenikmatannya di balik perintah-perintahNya dan telah menyiapkan kemaslahatan kebaikan kita di balik larangan-laranganNya.

Ibnu Mashur salah seorang pakar tafsir modern dari Tunisia menyebutkan,  Yakinlah dibalik setiap perintah dan larangan Allah itu ada kemaslahatan kebaikan kita. Kalau kita tidak mengetahuinya maka tugas kita adalah menganalogikan mengkiaskan dengan apa yang telah disebutkan Allah tersebut karena Allah tidak akan pernah menurunkan perintah atau larangan tanpa dengan pengetahuannya yang sempurna.