blank
Salah satu penerima manfaat ketika menerima bantuan sosial dari Kemensos RI. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Kementerian Sosial RI melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung menyerahkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) bagi 411 Penerima Manfaat (PM) di Kabupaten Wonosobo, Kamis (06/04/2023).

Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Iyan Kusmadiana menerangkan bantuan senilai total 278 juta lebih, berupa bantuan pemenuhan kebutuhan hidup layak bagi kelompok anak, lansia, disabilitas dan kelompok rentan, serta kewirausahaan bagi disabilitas dan kelompok rentan.

“Bagi penyandang disabilitas juga kami serahkan bantuan, berupa Alat Bantu Dengar (ABD), kursi roda. dan ini ABD sedang diadakan pengukuran,” kata Iyan.

Sebelumnya telah dilaksanakan asesmen sehingga kami bisa memberikan bantuan dan ini wujud bahwa negara hadir untuk masyarakat, dan juga bentuk kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah untuk mensejahterakan masyarakat.

Dia berharap semua bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan usaha yang dijalankan bisa berkembang, ungkap Iyan.

“Selain penyerahan di Aula Kelurahan Wonosobo Barat, kami juga akan menyambangi lokasi usaha ke diaman penerima manfaat,” lanjut Iyan.

Semoga Bermanfaat

blank
Para penerima manfaat bantuan sosial dari Kemensos RI foto bersama. Foto : SB/Muharno Zarka

Kegiatan penyerahan bantuan ini juga dibarengi dengan kunjungan kerja anggota Komisi VIII DPR RI Muslich Zainal Abidin yang diwakilkan Tenaga Ahlinya Andi Arifin.

Andi menerangkan bahwa kami anggota Komisi VIII DPR RI adalah mitra kerja Kemensos RI, dan penyerahan bantuan ATENSI bentuk hadirnya pemerintah untuk masyarakatnya, ungkap andi.

Inah salah satu penerima bantuan kewirausahaan menjahit menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kemensos RI karena telah diberikan modal usaha peralatan menjahit sehingga dapat mengembangkan usahanya.

“Tadinya saya cuma mempunyai satu mesin jahit dan itupun kadang mesin jahitnya sering rusak, dengan adanya tambahan satu mesin obras harapannya semoga bisa menaikkan omset penghasilannya,” ujar Inah.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Harti, Camat Watumalang Amir Ma’ruf dan Camat Leksono Sukamto AS. Harti menjelaskan semoga bantuan ATENSI ini dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Kepekaan terhadap masalah sosial harus ditumbuhkan. Jangan sampai karena minim informasi masyarakat kita yang membutuhkan jadi tidak terbantu. Maka teman-teman pilar-pilar sosial agar melakukan pendataan dengan baik dan tepat sasaran,” ungkapnya.

Sentra Terpadu Kartini di Temanggung merupakan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kemensos di bawah naungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial (Ditjen Rehsos) yang memberikan layanan multi bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Muharno Zarka