blank
Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi tengah memberikan keterangan terkait pengamanan Paskah. Foto: RestaSka

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Surakarta melaksanakan pengamanan di gereja terkait perayaan ibadah/misa paskah tahun 2023 di gereja. Selain itu juga pengaturan lalu lintas dengan mengedepankan humanis dan senyum, sapa salam kepada jemaat.

“Untuk pengamanan gereja kita bagi sesuai dengan klasifikasi  jumlah jemaat. Sehingga  ada gereja prioritas satu, dua dan tiga sesuai dengan jumlah jemaat dan banyaknya kegiatan ditempat ibadah tersebut,”kata Kombes.Pol. Iwan Saktiadi usai Rakorlintas Sektoral di Aula Polresta Surakarta, Rabu (05/04/2023).

Kapolresta lebih lanjut membeberkan, pihaknya akan melaksanakan pengamanan mulai dari sterilisasi gereja. Artinya, tahapan pengamanan sebelum pelaksaqnaan misa akan dilakukan dengan sterilisasi gereja.

Jumlah personel yang ditempatkan di setiap gereja  berbeda disesuaikan dengan prioritas tempat ibadah bersangkutan. Apabila nanti terjadi peningkatan jumlah jemaat di gereja, maka akan dilakukan penambahan jumlah personel pengamanannya.

“Untuk perayaan paskah tahun ini berbarengan dengan bulan Ramadhan. Namun sudah diketahui bersama toleransi antar umat beragama di kota Surakarta cukup tinggi, sehingga  tidak ada masalah apabila perayaan paskah dalam bulan Ramadan.

“Kita aparat keamanan TNI Polri yang bekerjasama dengan yang lain secara aktif memberikan pelayanan untuk menjamin keamanan perayaan ibadah paskah di kota Surakarta,” tandas Kombes.Pol. Iwan Saktiadi.

Bagus Adji