blank
Ilustrasi makanan pengganti nasi. Foto: hipwee/pexels/maria orlova

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah ada makanan pengganti nasi untuk penderita maag? Kadang, penderita maag setiap kali makan nasi dan lauk pauk, perut akan terasa melilit, perih, terasa panas dan mulas.

Namun, jika ia mengkonsumsi kentang rebus, perut justru terasa nyaman, tidak kambuh maag nya, meskipun kadang masih terasa lapar. Atau, apakah ada menu lain, seperti bubur nasi tanpa lauk misalnya?

Melansir dari Alodokter, penyakit asam lambung merupakan kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati, disertai dengan dada terasa terbakar serta mulut yang terasa pahit. Kondisi tersebut dapat dipicu oleh gangguan pada otot di kerongkongan yang menyebabkan asam lambung. Faktor yang dapat menyebabkan gangguan otot tersebut yaitu obesitas, kehamilan, usia lanjut, dan lainnya.

Untuk mengurangi keluhan yang diderita dapat diberikan obat-obatan untuk mengurangi asam lambung seperti antasida. Selain pemberian obat, hal lain yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan perubahan gaya hidup, yakni:

1. Apabila terdapat obesitas dapat melakukan penurunan berat badan
2. Menghindari makanan dan minuman yang dapat meningkatkan asam lambung
3. Makan sedikit-sedikit tetapi lebih sering
4. Menghindari rokok
5. Mengurangi konsumsi obat-obatan antinyeri
6. Tidak makan berdekatan dengan jam tidur
7. Makan dengan teratur

Khusus untuk makanan, sebaiknya makanan yang dihindari yaitu makanan yang asam, pedas, gorengan, berlemak, dan lainnya. Untuk makanan mengandung karbohidrat, sebenarnya tidak ada pilihan khusus dan dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Apabila dengan pemberian nasi menyebabkan nyeri, pemberian makanan lain seperti bubur, kentang, singkong, oatmeal, dan lainnya dapat dipilih.

Ning S