blank

SURAKARTA (SUARABARU.ID) Terminal Tirtonadi Solo mempersiapkan sejumlah skema guna mengantisipasi penumpukan armada dan penumpang pada musim mudik tahun 2023.

Kesiapan yang dilakukan didasari pertimbangan sekitar empat provinsi penyelenggara mudik gratis (Mutis) yakni Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten menyatakan akan menggunakan Terminal Tirtonadi sebagai lokasi droping pemudik.

“Saat ini kita masih terus mengintensifkan komunikasi dengan penyelenggara Mudik Gratis. Selain dari beberapa Provinsi, juga ada program Mudik Gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain itu ada juga Mudik Gratis CSR dari perusahaan,” kata Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono S.T, M.M, saat dijumpai Jumat (31/3).

Bus peserta Mutis, lanjut Bandiyono jumlahnya masih fluktuatif karena sejumlah provinsi belum melakukan pendaftaran.

Hanya provinsi DKI yang memastikan akan menggunakan 35 bus dan dua truk pengangkut sepeda motor untuk arus mudik.

Sedangkan arus balik menggunakan 30 bus dan dua truk. Provinsi lainnya masih dalam tahap koordinasi. Terminal Tirtonadi sudah mempersiapkan skema khusus menyambut kedatangan pemudik.

Salah satunya mempersiapkan tempat drop off dan parkir khusus bagi program Mudik Gratis.

Lokasi yang direncanakan berada di sisi sebelah barat dan timur pintu masuk Terminal Tirtonadi.

Selain kesiapan lokasi juga sudah melakukan pemasangan lampu penerangan jalan tambahan di beberapa titik di Terminal.

Tujuannya yakni guna memberikan rasa aman bagi pemudik. “Kita masih ada space yang bisa digunakan untuk drop off dan parkir Mudik Gratis. Penggunaannya akan dimaksimalkan, sehingga tidak berdampak pada bus reguler yang biasa keluar dan masuk terminal”, jelasnya

Pada kesempatan terpisah Sunardi Kaur Lalu lintas Terminal Tirtonadi Solo, mengatakan pihaknya siap menyambut para pemudik dari berbagai daerah di Indonesia.

Untuk itu akan dilakukan penambahan personel selama musim mudik 2023.”Kita sudah siapkan skema, dan kita akan lakukan penambahan personel, sehingga bisa melakukan pelayanan yang maksimal bagi para pemudik,” ungkapnya.

Bagus Adji