blank
Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah bersama Dandim 0728 Letkol (Inf) Deny Octavianto dan para pejabat lintas instansi, menyiapkan pelayanan arus mudik Lebaran 1444 H/2023 M. Termasuk rencana pendirian pos Lebaran.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, mengadakan pelayanan mudik gratis Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023. Tapi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri tidak melaksanakannya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri, Waluyo, menyatakan, sejak ada pandemi Covid-19, Pemkab Wonogiri tidak memberikan pelayanan mudik gratis. Kalau sebelum ada Covid-19, Pemkab Wonogiri selalu tampil menjadi pelopor penyelenggaraan mudik gratis.

”Tapi untuk tahun ini, belum menyelenggarakan lagi,” tegas Kepala Dishub Wonogiri Waluyo. Penyebabnya, karena sejak awal tidak dianggarkan dalam APBD. Anggaran pelayanan mudik gratis, ikut terkena refocusing utnuk penanganan Covid-19.

Waluyo yang mantan Kepala Satpol-PP dan pernah menjabat Kabag Humas Pemkab Wonogiri ini berkata: ”Mungkin untuk Lebaran tahun depan, pelayanan mudik gratis bisa dianggarkan kembali.”

Bagi para perantau asal Wonogiri yang akan mudik, diseyogyakan dapat mendaftar ke pihak-pihak yang menyelenggarakan pelayanan mudik gratis. Yakni melalui Suku Dinas Perhubungan DKI Jakarta, atau melalui Kantor Penghubung Pemprov Jawa Tengah (Jateng) di Jakarta. Sebab, pemerintah pusat dan Pemprov Jateng memberikan pelayanan mudik gratis.

Bagi Perantau

Menyongsong Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023, Pemprov Jateng kembali menggelar program mudik gratis bagi para perantau (kaum boro) di Jabodetabek. Selain menyediakan 118 bus Bantuan Gubernur, Bupati/Wali Kota dan Bank Jateng, Pemprov Jateng juga menyelenggarakan mudik lebaran gratis via kereta api.

Mudik lebaran gratis melalui kereta api menyediakan 4 CW (gerbong penumpang) KA Tawang Jaya, dengan kapasitas 300 lebih tempat duduk.

Di Jakarta, Kepala Badan Penghubung Pemprov Jateng, Emy DM, menyatakan, pendaftaran bisa datang ke Kantor Badan Penghubung Jateng atau menghubungi nomor WA: 081318712523. Pendaftaran dengan syarat KTP Jawa Tengah atau lahir di Jateng.

Mudik gratis rencananya akan dilepas langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dari Museum Purna Bhakti Pertiwi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Sementara mudik gratis via kereta api akan diberangkatkan melalui stasiun Pasar Senen.

Bambang Pur