SNBP 2023
Sebanyak 725 calon mahasiswa baru dinyatakan lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 di Universitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang. Dari 725 mahasiswa jalur SNBP tersebut, hampir separuhnya merupakan pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah . foto: W. Cahyono

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Sebanyak 725  calon mahasiswa baru dinyatakan lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) di Universitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang. Dari 725 mahasiswa jalur SNBP tersebut,  hampir separuhnya merupakan pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

“Dari 725 calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNBP tersebut, 378 di antaranya merupakan pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah,” kata Rektor Untidar Magelang, Prof Sugiyarto, Kamis ( 30/3/2023).

Sugiyarto mengatakan,  jumlah peminat calon mahasiswa baru yang melalui jalur SNBP  tahun 2023 ini encapai 5.639 orang.  Sedangkan yang lolos masuk ke Untidar melalui jalur tersebut hanya sekitar 12 persen dari total peminat tersebut.

Menurutnya, dari 5.639 pendaftar calon mahasiswa baru tersebut, program studi dengan peminat terbanyak  dari Fakultas Ekonomi  program studi  S1 Manajemen  Fakulltas dengan jumlah peminat mencapai 912 orang. Kemudian, disusul peringkat kedua S1 Ilmu Komunikasi  (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik) sebanyak 658 peminat.

Ia menambahkan, pada tahun ini juga terdapat peningkatan peminat di program studi  Akuntansi  yang mencapai 612 peminat. Sebelumnya, di progdi Akutansi tersebut peminatnya sangkat sedikit.

“Peningkatan peminat yang mendaftarkan diri tersebut, merupakan salah satu dampak dari akreditasi yang baik yakni A,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Prof Suyitno mengatakan, Untidar belum bisa memenuhi semua calon mahasiswa baru yang mendaftar melalui jalur SNBP. Karena, saat ini kapasitas ruangan di Untidar masih sangat terbatas.

“Karena kapasitas ruangan di Untidar masih sangat terbatas, sehingga belum bisa menerima semuanya dan hanya yang terbaik yang dapat diterima di Untidar Magelang,” kata Suyitno.

Ia menambahkan,  bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos melalui jalur SNBP tersebut  untuk  segera  melakukan registrasi yang dilaksanakan secara on-line dan dapat dimulai 30 Maret 2023 ini.

Menurutnya, untuk lebih lengkapnya bagi para calon mahasiswa baru   yang diterima melalui jalur SNBP tersebut  untuk mengunjungi laman https://untidar.ac.id atau https://um.untidar.ac.id untuk mengetahui informasi terkait registrasi mahasiswa.

“Registrasi SNBP dilaksanakan secara online dimulai 30 Maret 2023. Silakan kunjungi laman resmi Untidar untuk mendapatkan detail alur dan berkas apa saja yang harus dipersiapkan,” ujarnya.
Ia menjelaskan,  untuk registrasi SNBP terdiri  atas beberapa tahapan seperti mengisi borang sosial ekonomi. Melihat besaran uang kuliah tunggal (UKT), pembayaran UKT, pembayaran asuransi serta diakhiri dengan mencetak bukti sementara Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).
“Mohon dipahami secara teliti. Beberapa mahasiswa terkadang melewatkan hal-hal penting yang nantinya berpotensi menghambat proses registrasi,” pungkasnya.W. Cahyono