blank
Bupati Kudus saat menyerahkan bantuan hibah dan bansos melalui kegiatan Tarhima. foto: Ist

KUDUS (SUARABARU.ID) – Bulan suci Ramadan menjadi waktu istimewa untuk merekatkan tali silaturahmi. Begitu pula Bupati Kudus Hartopo yang kembali melaksanakan tarawih dan silaturahmi bersama (tarhima). Bersua dengan masyarakat dan tokoh agama, pihaknya senang dapat beribadah bersama masyarakat.

“Alhamdulillah kita semua kembali bertemu pada bulan Ramadan. Sehingga bisa silaturahmi dan salat Tarawih bersama,” ucapnya saat tarhima di Masjid Darul Istiqomah, Desa Prambatan Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Senin (27/3).

Hartopo menyatakan, kedatangannya sekaligus menyerahkan berbagai bantuan. Salah satunya, hibah sarpras peribadatan untuk Masjid Darul Istiqomah sebesar 150 juta rupiah. Melihat kondisi masjid yang belum sepenuhnya rampung, pihaknya meminta bantuan itu dimaksimalkan untuk pembangunan.

“Meskipun masih jauh dari sempurna, semoga bantuan bisa membantu pembangunan. Sehingga menambah kenyamanan jemaah,” tuturnya.

Tak hanya bantuan untuk masjid, Hartopo juga menyerahkan santunan bagi 434 anak yatim/ piatu se-Kecamatan Kaliwungu dengan total bantuan sebesar 108,5 juta rupiah. Masing-masing anak menerima 250 ribu rupiah. Pihaknya juga menyerahkan santunan kematian kepada 16 ahli waris yang masing-masing menerima 1 juta rupiah.

Dalam kesempatan tersebut, Hartopo juga menyerahkan secara simbolis bantuan renovasi rumah terdampak bencana alam kepada 2 penerima dengan total nilai manfaat 30 juta rupiah. Hartopo juga menyerahkan bantuan peralatan usaha untuk 13 mustahik produktif dengan total nilai 19,5 juta rupiah.

Selain itu, pihaknya menyerahkan santunan jaminan kematian 42 juta rupiah dari BPJS Ketenagakerjaan dan kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk satu marbut masjid.

Setelahnya, bupati melangitkan doa agar bantuan dapat bermanfaat bagi para penerima.

“Semoga dapat meringankan beban panjenengan semua,” doanya.

Bupati mengapresiasi Baznas Kabupaten Kudus sebagai mitra Pemerintah Kabupaten Kudus (Pemkab Kudus). Menurutnya, Ketua Baznas Aris Syamsul Ma’arif beserta jajaran membantu Pemkab Kudus dalam membangun Kota Kretek.

“Saya benar-benar berterima kasih atas sinergi Baznas yang selalu sigap terutama dalam hal meringankan beban umat,” terangnya.

Sebagai informasi, dana kegiatan yang disalurkan di Kecamatan Kaliwungu pada 2023 sebesar 41,4 miliar rupiah. Khusus wilayah Prambatan Kidul, dana yang disalurkan 2,6 miliar rupiah. Keseluruhan dana mencakup mulai dari alokasi dana desa, Tunjangan Kesejahteraan Guru Swasta (TKGS) dan lain-lain.

Sementara itu, takmir Masjid Darul Istiqomah Mukhlis Noor berterima kasih atas bantuan dan perhatian bupati. Pihaknya menjelaskan, pembangunan masjid baru sekitar 70 persen. Sehingga belum bisa menyediakan tempat yang nyaman.

“Mohon maaf kalau dalam menerima tamu ada kekurangan. Sebab masjid masih tahap pembangunan. Terima kasih kedatangan dan bantuannya, Pak,” terangnya.

Beberapa undangan turut hadir. Di antaranya para Asisten Sekda Kudus, kepala OPD, Camat Kaliwungu dan lain-lain.

Ali Bustomi