blank

SUARABARU.ID Fakultas Ekonomi (FE) Unissula menjadi partner akademik Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) yang pertama di Jawa Tengah. AFSI merupakan perhimpunan startup, institusi, akademisi, komunitas, dan pakar syariah yang bergerak di jasa keuangan syariah berbasis teknologi.

AFSI Academic Partner merupakan program kerja sama pendidikan dan pelatihan antara perguruan tinggi dengan Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI). Kerja sama ini diperuntukkan bagi instansi akademik yang ingin membekali civitas akademikanya dengan kompetensi di bidang fintech syariah, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan literasi fintech syariah.

Kaprodi S1 Akuntansi Unissula, Provita Wijayanti SE MSi Ak CA mengungkap bahwa Kerjasama ini menjadi salah satu upaya optimalisasi kerjasama. “Kami sangat bersyukur dapat menjadi partner AFSI yang pertama di Jawa Tengah. Potensi kerjasama dalam lingkup nasional dan internasional terus kami optimalkan, salah satunya dapat bekerjasama dengan AFSI,” ungkapnya, Senin (27/3/2023).

Pihaknya melanjutkan, “Dalam kerjasama ini kami sebagai akademisi akan turut berkontribusi bagi perkembangan fintech syariah di Indonesia. Khususnya dalam meningkatkan literasi keuangan syariah di masyarakat. Kami merasakan betul betapa pentingnya dorongan kepedulian dan edukasi keuangan syariah bagi seluruh masyarakat di Indonesia, baik ibu rumah tangga, pekerja, hingga mahasiswa,” lanjutnya.

Provita juga berharap dengan kerjasama ini dapat memberi pengembangan di bidang fintech syariah. “Kami berharap kerjasama ini dapat memberi perubahan signifikan dari berbagai aspek. Kami tentunya akan lebih banyak penelitian dan pengabdian masyarakat terkait fintech syariah, yang kemudian rekomendasinya dapat digunakan untuk masyarakat secara luas dan para pengambil kebijakan di lingkungan fintech syariah bahkan pemerintah, sehingga terjuwud kemerataan dan keadilan ekonomi melalui fintech syariah. Selain itu, kami harap para praktisi luar biasa dari AFSI dapat menjadi dosen praktisi atau pembicara di FE Unissula yang menguatkan ilmu fintech syariah baik dari sisi teoritik maupun praktik,” pungkasnya.