blank

SUARABARU.ID Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) Unissula mengikuti pertukaran mahasiswa ke Dongseo University (DSU) Korea Selatan. Ia adalah Devina Michelle Reyhandita. Devina sudah mulai kuliah di Dongseo bulan Maret ini hingga Juni 2023 mendatang.

Kepala UPT Kerjasama Urusan Internasional (KUI) Unissula Rio Luhung Pribadi menyatakan student exchange tersebut merupakan bagian dari implementasi kerjasama internasional Unissula yang berjalan dengan baik.

“Dongseo University merupakan mitra strategis yang sudah bekerja sama dengan Unissula cukup lama. Salah satu program unggulannya adalah student exchange. Yang dari waktu ke waktu minatnya tidak pernah surut. Dan alhamdulillahnya pada periode Spring Maret-Juni 2023 mereka kembali menawarkan program ini, yang saat ini akan diikuti Devina,” jelasnya (27/3/2023).

Rio juga menjelaskan ada beberapa tahap untuk mengikuti program ini. Yaitu proses nominasi, proses aplikasi, pengurusan visa, dan proses keberangkatan.

Dekan FE Unissula Prof Dr Heru Sulistyo melanjutkan FE Unissula komitmen agar program pertukaran pelajar bisa lebih intensif. “Kita harapkan ke depan program ini bisa kita intensifkan lagi. Tidak hanya di Korea Selatan namun juga negara-negara yang lainnya. Kemarin kita dari Malaysia dan ada potensi untuk ke sana,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap mahasiswa lainnya bisa termotivasi dan bisa mengikuti jejak Devina. “Mudah-mudahan  bisa diikuti oleh teman-teman yang lainnya,” lanjutnya.

Sementara itu Wakil Rektor I Unissula Andre Sugiyono ST MM PhD mengingatkan Devina untuk mengingat sifat-sifat sebagai generasi khairaummah. “Sebagai generasi Khaira ummah, nanti di sana harus selalu mengingat sifat-sifat itu, seperti selalu berbuat baik, mencegah kemunkaran, dan selalu beriman kepada Allah. Rektor juga sangat mengapresiasi karena ada mahasiswa yang ke luar negeri. Selalu berhati-hati, dan selamat sampai tujuan,” ungkapnya.