blank
Ilustrasi batas sahur yang benar. Foto: Dok/Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Masih banyak umat muslim yang bertanya-tanya, kapan batas waktu sahur yang benar?

Dilansir dari Suara.com (diambil dari NU Online), supaya tidak keliru kapan batas waktu sahur yang benar, ini penjelasannya.

Anas bin Malik radhiyallahu’anhu meriwayatkan hadis Rasulullah Shallallah Alaihi wa Sallam seperti di bawah ini: “Segerakanlah berbuka dan akhirilah sahur.”

Makna hadis di atas adalah semakin mepet makan sahur dengan waktu adzan subuh, maka itu semakin baik, karena batas akhir waktu sahur adalah saat masuk waktu salat tersebut.

Batas waktu sahur

Mengapa mendekati waktu salat menjadi batas waktu sahur yang terbaik? Ini masing-masing penjelasannya:
1. Agar kita kuat menahan lapar dari awal puasa yaitu waktu subuh, hingga akhir puasa yaitu waktu magrib.

2. Agar jarak antara selesainya waktu makan sahur dengan sholat Shubuh tidak berjauhan, sehingga memungkinkan umat muslim untuk segera melakukan salat subuh.

3. Agar tak tidur kembali setelah sahur, karena jika kita tidur lagi setelah makan sahur maka besar kemungkinannya akan bangun kesiangan dan kehilangan kesempatan untuk beribadah subuh.

Penjelasan di atas menjadi acuan batas waktu sahur terbaik. Dasarnya sudah jelas baik secara naqli maupun aqli seperti yang diuraikan di atas.

Sementara muncul pertanyaan baru yang menanyakan, kapan waktu sahur berakhir? Banyak yang berpendapat bahwa waktu sahur berakhir setelah adzan subuh juga berakhir tapi pendapat itu tidak benar.

Berdasar dalil Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, batas waktu sahur adalah hingga adzan subuh berkumandang.

“Sesungguhnya Bilal adzan di malam hari, maka makan dan minumlah kalian hingga kalian mendengar adzan (subuh) Ibnu Ummi Maktum.”

Lalu bagaimana jika seseorang sedang berada di tengah-tengah makan sahur lalu adzan subuh berkumandang? Imam Nawawi rahimahullah mengatakan:

“Telah kami sebutkan bahwa siapa pun saat datang fajar sedang di mulutnya ada makanan, wajib dikeluarkan dan tetap sah puasanya. Namun jika tetap menelannya padahal dia tahu sudah waktu fajar, batal puasanya. Para ulama tak ada khilaf tentang hal ini.

Demikian penjelasan tentang batas waktu sahur yang dirangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat!

Ning S