blank
Untuk mengamankan Bulan Suci Ramadan agar aman kondusif dan menyonsong Operasi Ketupat Candi 2023 pengamanan Idul Fitri 1444 H, Polres Wonogiri menurunkan Timsus Harimau.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam mengamankan Bulan Suci Ramadan dan menyongsong dilaksanakannya Operasi Ketupat Candi 2023, Polres Wonogiri juga menurunkan Tim Khusus (Timsus) Harimau. Yakni pasukan elite yang dimiliki Polres Wonogiri.

Kasu Humas Polres Wonogiri, AKP Anom Prabowo, menyatakan, Jumat (24/3), Kapolres AKBP Andi M Indra Wasapada Amirullah, langsung melakukan pengecekan penyiapan Timsus Harimau. Pengecekan dilakukan dalam gelar apel yang dilaksanakan di halaman Mapolres Wonogiri.

Sebagai pasukan elite, Timsus Harimau menjadi bagian tak terpisahkan dari Sat Samapta Polres Wonogiri, yang eksistensinya telah terbentuk sejak beberapa tahun lalu.

Menurut AKBP Indra, Timsus saat ini sudah ada di banyak Polres. Terkait ini, Kapolres ingin melihat langsung kesiapan personel dan peralatan yang dimiliki oleh Timsus Harimau dari Sat Samapta Polres Wonogiri.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi, telah meresmikan patroli Presisi Reaksi Cepat (PRC) di Polresta Banyumas. Kapolda juga memerintahkan, seluruh jajaran kepolisian di Jawa Tengah untuk merevitalisasi kembali Timsus yang dimiliki di setiap jajaran Polres.

Aman Kondusif

Kata Kapolres, Timsus diminta untuk diaktifkan kembali. Ini dalam rangka mengamankan jalannya kegiatan masyarakat di bulan Ramadan. ”Supaya tetap aman dan kondusif dan dalam persiapan Operasi Ketupat Candi 2023,” tandas Kapolres.

blank
Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (menghadap lensa) membalas penghormatan dari para peserta apel termasuk dari pasukan Timsus Harimau.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

Dalam kesmepatan itu, Kapolres memeriksa kesiapan personel Timsus Harimau, termasuk kelengkapan peralatan juga sarana dan prasarana yang dimiliki.

Selain kepada Timsus Harimau, Kapolres juga berpesan kepada seluruh personel Polres Wonogiri agar siap untuk mengamankan Bulan Suci Ramadan. Juga siap menyongsong dilaksanakannya Operasi Ketupat Candi 2023.

Terkait rencana Operasi Ketupat Candi 2023, Kapolres berpesan agar pelayanan arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1444 H harus aman, lancar dan kondusif. ”Maka sekarang perlu adanya kesiapan baik persiapan para personelnya, kelengkapan fasilitas peralatannya juga sarana dan prasarananya, tegas Kapolres.

Hal itu penting disiapkan sejak sekarang, mengingat provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu titik tujuan para pemudik. Bersamaan itu jajaran kepolisian juga berupaya membasmi penyakit masyarakat (Pekat) demi menjaga kondusivitas, khususnya wilayah wonogiri menjelang pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2023.

Bambang Pur