blank

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengelola alergi makanan:

Pelajari bahan makanan yang harus dihindari. Identifikasi jenis-jenis makanan yang biasanya menyebabkan alergi dan pelajari tentang bahan-bahan yang harus dihindari dalam makanan.

Baca label makanan dengan cermat. Pastikan untuk membaca label makanan secara teliti, termasuk bahan-bahan yang terdapat di dalamnya.

Berkomunikasi dengan chef atau pelayan di restoran. Saat makan di restoran, jangan ragu untuk bertanya kepada chef atau pelayan tentang bahan-bahan yang terdapat dalam hidangan.

Siapkan makanan sendiri. Jika Anda tidak yakin tentang bahan-bahan makanan yang disajikan di restoran, lebih baik untuk memasak makanan sendiri.

Hindari makanan yang tidak diketahui bahan-bahannya. Hindari makanan yang tidak jelas bahan-bahan yang digunakan, seperti makanan dari warung pinggir jalan atau makanan yang disajikan di pesta.

Bawa obat-obatan antihistamin. Jika Anda merasa terpapar makanan yang menyebabkan alergi, bawa obat antihistamin untuk membantu meredakan gejala.

Perhatikan reaksi setelah makan. Jika Anda menderita alergi makanan, selalu perhatikan reaksi setelah makan. Jika Anda mengalami gejala, segera cari perawatan medis.