blank
Mewakili Bupati Wonogiri, Sekda Haryono (berdiri di ujung kanan), menyampaikan jawaban atas pemandangan umum dari masing-masing fraksi DPRD Wonogiri.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri, Haryono, menyatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri, akan menyiapkan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) bidang lingkungan hidup.

Hal itu disampaikan Sekda Haryono, Senin (20/3), saat mewakili Bupati Wonogiri untuk menjawab pemandangan umum fraksi-fraksi di rapat paripurna DPRD Wonogiri. Utamanya menjawab pemandangan umum dari Fraksi Amanat Kebangkitan Bangsa (AKB) yang disampaikan juru bicaranya, Iskandar.

Kata Sekda, penyiapan PPNS dilakukan terkait kesiapan aparatur dalam penanganan pelanggaran Lingkungan Hidup (LH) yang dikategorikan dengan ancaman pidana.

Rapat paripurna DPRD Wonogiri digelar di Ruang Graha Paripurna lantai atas Gedung DPRD, dipimpin oleh Wakil Ketua Sugeng Achmadi bersama Wakil Ketua Krisyanto. Rapat dihadiri 33 dari 50 anggota Dewan. Diawal jalannya rapat, Sekretaris DPRD, Gatot Siswoyo, membacakan surat izin Bupati Wonogiri yang tidak dapat hadir karena ada rapat di Jakarta, dan menugaskan Sekda Haryono untuk mewakilinya.

Pansus

Agenda rapat kali ini, untuk penyampaian jawaban dari Bupati atas pemandangan umum dari masing-masing fraksi. Seperti diberitakan, pemandangan umum dari Fraksi Partai Golkar disampaikan Reni Toriliana, Fraksi PKS oleh Jarmono, Fraksi PDI Perjuangan (Supriyanto), Fraksi AKB (Iskandar), Fraksi Partai Gerindra (Arum Subekti).

Usai penyampaian jawaban pemandangan umum dari masing-masing fraksi, dirangkai dengan pembentukan dua Panitia Khusus (Pansus). Yakni Pansus I membidangi Raperda tentang Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) Tahun 20023-2053, Pansus II membidangi Raperda tentang Pencegahan dan peningkatan kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh (P2KPKPK).

Masing-masing Pansus beranggotakan sebanyak 15 orang anggota DPRD. Terdiri atas 9 dari Fraksi PDI Perjuangan, masing-masing 2 anggota dari Fraksi Partai Golkar dan Fraksi Gabungan PKB-PAN (AKB) dan masing-masing satu orang anggota dari Fraksi PKS dan Fraksi Partai Gerindra.

Pansus I diketuai Supriyanto, Wakil Ketua Heru Sukoco dan Sekretaris Sriyanto. Pansus II diketuai Rusdiana, Wakil Ketua Widiyatno dan Sekretaris Sri Haryanto. Melalui Pansus, akan dilakukan pembahasan mendalam terhadap dua Raperda tersebut.

Bambang Pur