Selain itu, terdapat fasilitas lainnya seperti kursi yang nyaman, free wifi, tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, televisi di dinding ujung kereta, serta rak bagasi khusus di ujung kereta.

Dalam setiap perjalanan, para pelanggan Kereta Panoramic juga akan mendapatkan layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut secara gratis yang akan diberikan oleh petugas Train Attendant Pramugari (TAP) ke Para Penumpang Kereta Panoramic.

Adapun untuk pengoperasian perdana, KAI akan merangkaikan Kereta Panoramic pada KA Argo Muria pada tanggal 21, 22, 23, 27, 28, 29, dan 30 Maret 2023.

“Pada setiap perjalanan KA Argo Muria di tanggal tersebut, KAI akan merangkaikan 1 Kereta Panoramic dengan jumlah kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 38 seat,” ujar Ixfan.

Adapun jadwal perjalanan KA Argo Muria rute Semarang Tawang – Gambir, berangkat Semarang Tawang pukul 16.15 WIB dan tiba di Gambir pukul 21.39 WIB. Sedangkan untuk KA 14 Argo Muria rute Gambir – Semarang Tawang, berangkat Gambir pukul 07.05 WIB dan tiba di Semarang Tawang pukul 12.26 WIB.

Terkait aturan perjalanan KA, saat ini KAI masih menerapkan aturan naik kereta api sesuai SE Kementerian Perhubungan No 84 Th 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022 dimana untuk pelanggan KA Jarak Jauh berusia 18 tahun ke atas wajib vaksin ketiga (booster).

Ixfan mengatakan, KAI selalu menerapkan syarat naik kereta api yang telah ditetapkan pemerintah. Jika pemerintah menetapkan perubahan persyaratan, maka KAI akan mendukung dan mematuhi kebijakan tersebut, serta akan segera mensosialisasikan kepada masyarakat.

Hery Priyono