blank
Bupati Kudus HM Hartopo saat memimpin Rapim OPD. Foto:Diskominfo

KUDUS (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menyelenggarakan Rapat Pimpinan (Rapim) Bulan Maret 2023, Senin (20/3) pagi. Rapat yang berlangsung di Lantai IV Gedung A Setda Kabupaten Kudus dipimpin langsung Bupati Kudus HM. Hartopo dan dihadiri Sekda beserta para asisten, seluruh pimpinan perangkat daerah, juga kepala BUMD di lingkungan Pemkab Kudus.

Dalam arahannya, Bupati Hartopo menyampaikan bahwa rapat yang rutin diselenggarakan tiap bulan bukan hanya sekedar seremonial semata, tapi harus segera ditindaklanjuti secara riil.

“Untuk seluruh OPD, saya tegaskan bahwa rapat ini bukan sekedar seremonial saja. Namun harus ada progres yang nyata. Segera ditindaklanjuti,” tegasnya.

Soal penyerapan anggaran, Hartopo juga menyinggung terkait progres yang baru dicapai per 28/2 lalu, realisasi secara presentase sebesar 248,5 Miliar dari total target 2,057 Triliun.

“Soal penyerapan anggaran belum signifikan, baru tercapai 12,08 persen. Saya harap akhir tahun dapat tercapai 100 persen, maka saya minta OPD memaksimalkan targetnya,” pintanya.

Sedangkan untuk realisasi belanja, Hartopo menyebut baru terlaksana sebesar 5,39 persen (125,1 Miliar). Menurutnya, angka ini masih sangat kecil dibandingkan target yang ditentukan di angka 2,319 Triliun. Oleh sebab itu, perlunya monitoring realisasi anggaran OPD dari para Asisten Sekda dibawah koordinasi masing-masing.

“Saya minta semua OPD untuk segera bergerak, jangan buang waktu. Untuk para Asisten harus aktif monitoring OPD dibawah garis koordinasi masing-masing,” pesannya.

Untuk merealisasikan seluruh kegiatan yang ada di OPD, Pihaknya mendorong seluruh OPD untuk melakukan inovasi dalam pekerjaan sehingga mampu melaksanakan tugas dan tuntutan ditengah dinamika birokrasi sehingga tidak terkesan monoton.

“Dengan inovasi yang selalu dihadirkan, OPD dapat menjalankan tugas dengan baik ditengah dinamika birokrasi dan tuntutan masyarakat, sehingga bekerja pun tidak terkesan monoton,” imbaunya.

Menutup arahannya, Hartopo meminta OPD memahami betul apa yang menjadi prioritas pekerjaan. Di akhir masa jabatannya, Hartopo ingin seluruh kegiatan OPD berjalan dengan baik demi memenuhi janjinya pada masyarakat.

“Yang terpenting selalu jalin koordinasi dan komunikasi baik antar OPD di Lingkungan Pemkab Kudus. Di akhir periode ini, saya minta panjenengan semua untuk bekerja keras membantu saya memenuhi janji pada masyarakat,” pungkasnya.

Ali Bustomi