blank
Dosen FKOR UNS Rony Syaifullah (kaos putih) menyerahkan 25 mahasiswa kepada Ketua Harian KONI Kota Magelang Kholid Abidin (kiri)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Selama lima bulan sejak pertengahan April 2023, sebanyak 25 mahasiswa Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membantu KONI Kota Magelang dan pelatih cabang olahraga (cabor)
meningkatkan fisik atlet secara terprogram.

Penyerahan ke 25 mahasiswa FKOR UNS itu dilakukan Kamis malam (16/3) di Aula Kantor Disporapar Kota Magelang. Dari Dosen FKOR UNS Rony Sayaifullah kepada Ketua Harian KONI Kota Magelang Kholid Abidin, disaksikan Plt Kepala Disporapar, Sarwo Iman Santoso, dan pelatih sejumlah cabor.

Rony menerangkan, rencana awal sebanyak 27 mahasiswa yang melaksanakan belajar di luar kampus di Kota Magelang. Jumlah itu sesuai dengan jumlah cabor anggota KONI setempat.

Namun, di tengah jalan yang berangkat 25 mahasiswa. Yang berhalangan salah satunya karena harus berlatih mempersiapkan diri menghadapi Porprov Jateng yang akan berlangsung 5-11 Agustus 2023 di Pati Raya.

‘’Para mahasiswa belajar di luar kampus dihargai 20 sks. Kepada mereka juga sudah diberi pembekalan, dan bukan membuat atlet bisa langsung menjadi juara. Mereka akan membantu atlet meningkatkan fisik secara terprogram. Diharapkan bisa bekerja sama dengan pelatih dan ada kemistri, sehingga terjadi hubungan harmonis guna meningkatkan prestasi,’’ harapnya.

Selain itu, pinta Rony, juga terjalin kerjasama yang harmonis dengan KONI dan Disporapar Kota Magelang. Ke depan kerjasama ini diharapkan bisa meningkatkan prestasi atlet, terutama menghadapi Proprov Jateng mendatang.

Ketua Harian KONI Kota Magelang Kholid Abidin menjelaskan, target KONI pada Porprov 2023 masuk ranking 10 besar Jateng. Pada Porprov 2018 Kota Magelang berhasil naik peringkat dari urutan 25 menjadi 16 dengan meraih 13 emas, 16 perak dan 16 perunggu.

‘’Hasil Pra Porprov 2022 Kota Magelang meraih 18 emas, 22 perak dan 24 perunggu. Bersama-sama dengan cabor dan atlet kami berharap mampu meraih hasil terbaik dengan masuk 10 besar Jateng,’’ ujarnya. (Doddy Ardjono)