blank
Aksi gandeng tangan yang dilakukan personil Satpol PP Wonosobo di kaki Gunung Tidar Magelang. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sejumlah 50 personil Satpol PP dan anggota Linmas Wonosobo, mengikuti aksi gandeng tangan bersama di kaki Gunung Tidar Magelang, Rabu (15/3/2023), kemarin.

Aksi yang digelar dalam rangka HUT ke-73 Satpol PP dan HUT Linmas ke-61 itu, sebagai puncak acara peringatan HUT ke-73 Satpol PP dan HUT ke-61 Linmas tingkat Jawa Tengah yang dipusatkan di Balai Kota Magelang dan kaki Gunung Tidar.

Pasukan Satpol PP dan anggota Linmas dikawal langsung oleh Kepala Satpol PP Wonosobo, Sumekto Hendro Kustanto, Sekretaris Sulistiani, Kepala Bidang Ketertiban dan Ketentraman Umum, Oman Yanto dan Kepala Bidang Penegakan Perda, Teguh Suhatmaji

Personil Satpol PP dan anggota Linmas Wonosobo, melakukan aksi gandeng tangan di pinggir jalan Gatot Subroto Karet Jurang Ombo Magelang atau persis di depan GOR Soeroto (Bulu Tangkis) komplek Akademi Militer (Akmil).

Mereka bergandeng tangan sembari membawa bendera plastik merah putih ukuran kecil. Pasukan Satpol PP, anggota Linmas dan TNI, melakukan aksi tersebut hingga mengitari kaki Gunung Tidar Magelang.

Rekor MURI

blank
Personil Linmas Wonosobo juga ikut aksi gandeng tangan di kaki Gunung Tidar Magelang. Foto : SB/Muharno Zarka

Aksi tersebut dilakukan secara kolosal dan bergandeng tangan sambung-menyambung dari personil Satpol PP dan anggota Linmas se-Jawa Tengah untuk memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Di sebelah kiri Satpol PP Wonosobo nyambung gandeng tangan dengan personil Satpol PP dan pasukan Damkar BPBD asal Kabupaten Temanggung. Sedang di sebelah kanan anggota Linmas Wonosobo bertemu gandeng tangan dengan anggota TNI Akmil Magelang.

Kepala Satpol PP Wonosobo Sumekto Hendra Kustanto, menyebut HUT ke-73 Satpol PP dan HUT ke-61 Linmas tingkat Jateng dipusatkan di Balai Kota Magelang dan diikuti secara langsung maupun daring oleh Satpol PP dan Linmas se-Jawa Tengah di wilayah masing-masing.

“Aksi gandeng tangan bersama di kaki Gunung Tidar Magelang, sebagai simbol kekompakan, kekuatan dan kebersatuan personil Satpol PP dan anggota Linmas di Jawa Tengan dalam menjalankan tugas di lapangan,” tegas pria yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris KPU Wonosobo itu.

Satpol PP dan Linmas sebagai kepanjangan tangan pemerintah, sebutnya, punya tugas yang cukup berat. Dengan personil yang terbatas, mereka harus mampu menjaga ketertiban dan keamanan di masyarakat, dengan jangkauan yang luas dan kegiatan yang beraneka ragam.

Muharno Zarka