BLORA (SUARABARU.ID) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora mengadakan pelatihan Pertolongan Pertama (PP) bagi relawan, di ruang pertemuan PMI, Selasa 14 Maret 2023. Kegiatan diikuti 64 orang relawan yang tersebar di seluruh wilayah kecamatan se-Blora.

Kegiatan dibuka langsung oleh ketua PMI Blora Ir Sutikno Slamet dan dihadiri kepala markas PMI Blora Sri Puji Rahayu bersama seluruh staf PMI Kabupaten Blora.

Ketua PMI Blora Sutikno Slamet mengatakan bahwa  sebagaiman diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang kepalangmerahan bahwa salah satu tugas PMI adalah melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kepalangmerahan.

“Relawan sebagai kekuatan dan tulang punggung PMI dalam memberikan pelayanan kemanusiaan perlu terus menerus ditingkatkan baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya,” kata Sutikno Slamet.

Dikemukakan, keberadaan relawan PMI Blora saat ini telah mendapatkan tempat tersendiri baik di pemerintahan, swasta maupun masyarakat luas.

“Kondisi ini bisa kita rasakan dan lihat realitas di lapangan bahwa hampir setiap kegiatan apapun dan dimanapun disitu pasti hadir relawan – relawan PMI. Dengan suka,  dilandasi jiwa kemanusiaan siap mensukseskan kegiatan yang ada,” ungkap Sutikno Slamet.

Menurutnya menjadi seorang relawan PMI merupakan sebuah kebanggan sendiri. Sebab mereka membawa misi kemanusiaan yang tak bisa dihitung dengan sesuatu apa pun.