Bupati Kudus HM Hartopo saat didatangi petugas Pantarlih untuk proses coklit pemilih Pemilu 2024. Foto:dok

KUDUS (SUARABARU.ID) – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kudus mengklaim pelaksanaan tahapan pencocokan dan penelitian pemilih secara manual untuk Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Kudus sudah selesai 100 persen.

Seluruh Panitia Pendaftaran Pemilih sudah mendatangi secara langsung warga yang terdaftar dalam DP4.

Anggota KPU Kabupaten Kudus Divisi Program Data dan Informasi, Miftahur Rohmah mengatakan, berdasarkan jadwal, tahapan coklit akan berakhir pada Selasa (14/3) hari ini.

Meski demikian, berdasarkan data yang sudah masuk, proses coklit sudah 100 persen selesai dimana semua petugas Pantarlih sudah mendatangi langsung semua warga yang masuk DP4.

“Jadi secara manual sudah selesai semua. Tinggal hasilnya akan kita analisa untuk mengecek pemilih yang meninggal dunia, kegandaan, TNI Polri atau lainnya,”kata Miftahur Rohmah, Selasa (14/3).

Baru setelah itu, hasil analisa tersebut nantinya akan dibawa ke rapat pleno KPU untuk nanti ditetapkan.

Menurut Miftah, total warga Kudus yang masuk dalam DP4 berjumlah 652.658 pemilih. Dari data tersebut, KPU sebenarnya sudah melakukan analisa awal untuk mendeteksi kegandaan, usia, nomor kartu keluarha (NKK) serta hal-hal lain sebagai syarat untuk pemilih.

Dari hasil analisa tersebut, selanjutnya diturunkan ke Pantarlih untuk dilakukan proses Coklit.

“Pada saat coklit tersebut, yang paling utama untuk mengecek pemilih meninggal dunia, TNI Polri, keseuaian NKK serta kecocokan lain pemilih di tiap-tiap TPS yang telah ditentukan,”paparnya.

Hasil coklit tersebut nantinya akan menjadi dasar bagi penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Dalam penyusunan DPS, nanti juga ada penyesuaian lagi termasuk bagi pemilih yang pindah domisili.

Miftah menambahkan pada Pemilu 2024 mendatang, KPU sudah menetapkan jumlah TPS sebanyak 2622 TPS yang tersebar di sembilan kecamatan yang ada di Kudus.

Meski demikian, jumlah TPS tersebut nantinya bisa saja berubah saat proses penetapan DPS dan DPT.

Sementara, Ketua Bawaslu Kabupaten Kudus Wahibul Minan mengatakan pihaknya akan segera menggelar evaluasi hasil Coklit yang telah dilakukan oleh KPU.

Saat ini, pihaknya masih menghimpun laporan dari masing-masing Panwascam atas hasil pengawasan proses coklit yang dilakukan di lapangan.

“Saat ini, teman-teman Panwascam masih menyusun laporan pengawasan untuk nanti menjadi bahan rapat evaluasi,”tandasnya.

Ali Bustomi