blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Digitalisasi dalam dunia pendidikan sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. Kehadirannya bukan hanya keinginan, tapi sudah menjadi kebutuhan. Merespon hal tersebut KKMTs 02 Jepara mencanangkan beberapa program. Di antaranya program E-library, yaitu perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan bisa diakses dengan komputer.

Sebanyak 79 Kepala perpustakaan anggota KKMTs 02 Jepara hari ini, Selasa 14 Maret 2023 mengikuti bimtek E-library yang diselenggarakan di aula 2 LP Ma’arif NU atas kerjasama KKMTs 02 Jepara dengan Penerbit Erlangga Semarang.
blank
Bimtek E-library yang bertujuan untuk membekali para kepala perpustakaan di madrasah anggota KKMTs 02 dibuka oleh Plh Ketua Maarif NU, Mualimin.

Dalam amanatnya, Mualimin mengajak kepada kepala perpustakaan untuk tanggap terhadap perubahan, utamanya di bidang teknologi digital.” Hiduplah sesuai dengan kondisi zaman tanpa melupakan sejarah dan menjelek-jelekkan masa lalu.” Ujar Mualimin.

Lebih lanjut Mualimin mengajak kepada madrasah-madrasah di bawah naungan LP Ma’arif NU Jepara untuk terus berinovasi dan berkreasi membangun madrasah berbasis teknologi dan literasi.

Tim Erlangga yang terdiri dari Wiwalahadi Astawa, Marccom Erlangga, Agung Santosa, Asisten manager, dan Unggul hadir untuk memberikan bimbingan teknis penggunaan E-library.

Menurut Agung, E-library memiliki banyak kelebihan, antara lain tidak memerlukan perawatan koleksi pustakanya, tidak perlu mengeluarkan biaya guna menyimpan buku-buku fisik dalam kabinet atau rak. Karena semua data dan informasi tersebut akan tersimpan dalam database.

Kegiatan Bimtek E-library ini merupakan rangkaian kerjasama yang telah dibangun antara KKMTs 02 Jepara dengan Penerbit Erlangga. Sebelumnya telah dilaksanakan Bimtek Penyusunan Soal berstandar AKM, Bimtek Penguatan IKM untuk Kepala madrasah dan Waka Kurikulum.
Hadepe – Sub