blank
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (kiri memakai caping) tengah 'ngerek' untuk merontokkan bulir-bulir gabah dari batang padi yang dipanennya dari lahan persawahan.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (Mas Aji), turun langsung ke sawah untuk melakukan panen padi. Orang pertama di Kabupaten Pacitan ini, juga melakukan pekerjaan ngerek padi, yakni merontokkan bulir-bulir gabahnya dari batang padi di mesin tradisional berteknologi tepat guna.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, kegiatan Bupati memanen padi dan ngerek tersebut dilakukan bersama petani Desa Pelem, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Ini berlangsung dalam acara panen raya padi.

Panen padi kali ini merupakan hasil program pendampingan dari salah satu perusahaan penyedia pupuk ramah lingkungan dari PT Indo Bumi Lavanaa.

”Intinya program ini adalah sama-sama menguntungkan. Kalau memang baik, kenapa tidak kita soaialisasikan bersama,” kata Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan).

PT Indo Bumi Lavanaa (IBL), merupakan perusahaan eksportir pupuk yang menjalin kemitraan dengan petani. Pupuk yang digunakan berbahan organik dari olahan kotoran kelelawar dan ramah lingkungan.

Untuk melaksanakan program demonstrasi plot (Demplot) ujicoba pemakaian pupuk ramah lingkungan, PT IBL menggandeng Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Tidak hanya penyedia pupuk, perusahaan juga menampung dan memasarkan hasil produksi petani.

Bambang Pur