blank

SUARABARU.ID Persiapan puasa Ramadhan menjadi hal yang penting diperhatikan oleh umat muslim. Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Unissula menyampaikan beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut Ramadhan. Yaitu persiapan individu dan persiapan lembaga. “Persiapan individu itu meliputi menyiapkan mental, karena nanti akan ada banyak perubahan dibanding hari-hari biasa di luar Ramadhan. Kemudian persiapan jasmani (kesehatan). Walaupun puasa itu menurut Nabi Muhammad menyehatkan lahir dan batin, namun tetap perlu kita persiapkan. Setidaknya kita berusaha masuk Ramadhan badan sehat dan mentalnya siap,” ungkapnya di Gedung FAI Unissula, Rabu (8/3/2023).

Drs Muhammad Muhtar Arifin Sholeh MLib melanjutkan, “Persiapan kedua yaitu persiapan Lembaga terkait kegiatan-kegiatan yang perlu kita lakukan selama Ramadhan. Persiapan pokok yaitu sholat tarawih, mulai dari jadwal imam, jadwal penceramah, kemudian menyiapkan kajian-kajian, juga menyiapkan peringatan nuzulul Qur’an,” lanjutnya.

Pihaknya memberi catatan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut harus sesuai dengan tujuan Ramadhan. “Kegiatan-kegiatan itu tentu harus senada dengan tujuan Ramadhan, yaitu takwa. Jadi kegiatan Ramadhan harus harus bisa membangun ketakwaan agar bisa memperkuat iman, memperbanyak ibadah, dan memperbaiki akhlak. Karena disamping itu Ramadhan juga sebagai bulan tarbiyah (bulan pendidikan),” jelasnya.