blank
Ilustrasi kacang almond yang tinggi protein. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang mengandung nutrisi dan cocok dijadikan camilan sehat. Kacang merupakan sumber protein nabati, serta mengandung lemak dan serat yang baik bagi tubuh.

Kacang-kacangan mengandung sejumlah besarserat pangan dengan satu cangkir kacang yang telah dimasak mengandung 9-13 gram serat. Serat pangan yang terlarut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Kacang-kacangan juga mengandung karbohidrat kompleks, folat, dan besi.

Dilansir dari Suara.com selain itu kacang juga diperkaya dengan omega-3, omega-6, magnesium dan vitamin E, yang dipercaya bisa meningkatkan imun tubuh.

Dilansir dari Hellosehat, berikut 5 jenis kacang protein tinggi yang bisa jadi cemilan sehat dan bermanfaat bagi tubuh.

Baca Juga: Ada Kacang Almond, 3 Jenis Kacang-kacangan yang Kaya akan Manfaat

1. Kacang Almond

Salah satu kacang dengan protein tinggi adalah kacang almond. Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, kulit almond juga mengandung banyak antioksidan. Sehingga, untuk konsumsi almond sangat disarankan untuk dimakan bersama kulitnya. Kandungan nutrisi pada almond dipercaya dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, mencegah penuaan serta mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Kenari

Kenari juga termasuk salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Secara khusus kenari mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 dibandingkan jenis kacang lainnya. Hal tersebut membuat kenari sangat cocok untuk dijadikan camilan sehat. Selain itu kenari juga sering diolah menjadi bahan tambahan dessert.

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang ada pada kenari dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, antioksidan dan protein juga dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: Minyak Almond Jadi Salah Satu Pilihan,Yuk Simak 5 Tips Mengatasi Uban di Usia Muda

3. Pistachio

Konsumsi satu porsi kecil pistachio setara dengan protein satu buah telur. Selain protein, pistachio memiliki kandungan asam amino esensial yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis kacang lainnya. Perpaduan protein dan asam amino esensial yang cukup tinggi yang terdapat pada pistachio, dipercaya mampu menjaga kesehatan mata. Pistachio sering diolah menjadi aneka kue kering, dan bisa juga dijadikan sebagai campuran salad.

4. Kacang Mete

Kacang mete merupakan salah satu jenis kacang yang populer di Indonesia. Selain mengandung protein, kacang mete juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Diperkaya dengan magnesium, mineral, dan beberapa vitamin lainnya, kacang mete dipercaya dapat membantu pembentukan sel darah merah serta menjaga kesehatan tulang. Kacang mete sering diolah dengan cara digoreng, dipanggang atau dijadikan topping campuran es krim.

5. Kacang Pinus

Kacang pinus adalah jenis kacang dari varietas pinus tertentu. Selain memiliki rasa yang manis dan lembut seperti mentega, kacang pinus memiliki kandungan protein dan lemak yang cukup tinggi. Lemak yang berasal dari kacang pinus adalah lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Kacang pinus dapat diolah menjadi bubur, serta camilan sehat lainnya.

Nah, itulah 5 jenis kacang dengan protein yang tinggi dan dapat dijadikan camilan sehat. Semoga informasi tersebut bermanfaat, ya.

Claudia