blank
MUSYWIL - Hasil Musywil Muhammadiyah Jateng Periode ke-48, Ketua KH Tafsir, dengan Sekretaris Dodok Sartono dan Bendahara Prof Dr Sofyan Anif. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – KH Tafsir Kembali Terpilih menjadi Ketua Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Jawa Tengah (Jateng) pada Musyawarah Wilayah (Musywil) Muhammadiyah Periode Muktamar ke-48 di Kota Tegal, Minggu (5/3/2023)

Berdasarkan hasil rapat anggota Pleno Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah periode 2022-2027 terpilih kembali sebagai Ketua KH Tafsir, dengan Sekretaris Dodok Sartono dan Bendahara Prof Dr Sofyan Anif.

Kegiatan yang digelar sejak Jumat 3 Maret 2023 tersebut telah ditutup dengan menghasilkan sejumlah keputusan.

Ditemui usai acara penutupan Musywil Muhammadiyah Jateng Periode ke 48, KH Tafsir mengatakan, pihaknya menekankan pada 3 program untuk lima tahun ke depan di Jawa Tengah. ”Kita punya penekanan sesuai lokal Jawa Tengah, ada tiga hal program penekanan,” kata KH Tafsir.

Ketiga program tersebut, diantaranya kaderisasi Muhammadiyah di seluruh sektor kehidupan. ”Jangan ada ruang kosong di seluruh proses harus ada kader Muhammadiyah,” katanya.

Program berikutnya pendirian pusat kader ulama. ”Kita ormas Islam butuh ulama-ulama untuk memimpin Muhammadiyah di masyarakat seperti pesantren-pesantren yang sekarang tumbuh pesat, butuh pengasuh pondok dengan kedisiplinan ilmu yang memadai dan berakhlak,” paparnya.

Untuk program ketiga, menurut KH Tafsir, sektor perekonomian dengan membangun industri Muhammadiyah. KH Tafsir mencontohkan, kini sudah ada embrio seperti di Solo sudah memproduksi mie instan yang nantinya bisa menjadi pabrik.

”Di Sukoharjo ada alat kesehatan dan Magelang ada pabrik pengolahan kayu dan juga pabrik air minum kemasan yang belakangan hampir semua daerah punya, namun masih sebatas industri rumah. Nah, ini yang nantinya kita kembangkan menjadi pabrik,” ungkapnya.

Sutrisno