Tim SAR bersama Polsek Tirtomoyo dan Koramil-07, mengevakuasi jenazah pemacing yang tewas tenggelam di Kali Sidowayah.(Dok. Humas Polres/SAR Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tim Search And Rescue (SAR) bersama personel Polsek Tirtomoyo Polres Wonogiri, Sabtu malam (4/3), mengevakuasi jenazah di Kali Sidowayah, Desa Sidorejo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah dan Kapolsek Tirtomoyo Iptu Utami melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Aiptu Iwan Sumarsono, menyatakan, korban adalah seorang pria berinisial N (24). Pria kelahiran Wonogiri Tanggal 13 Februari 1999 ini, merupakan warga Dusun Sidowayah, Desa Sidorejo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri.

Lokasi ditemukannya jenazah korban berada di perairan Kali Sidowayah, Desa Sidorejo, Kecamatan Tirtomoto, Kabupaten Wonogiri. Pemicu kematiannya, diduga karena terpeleset dan tenggelam di periaran kali. Tragedi kematiannya, diduga berlangsung bersamaan saat korban tengah kumat penyakit epilepsi (ayan) yang dia derita, dan kemudian tercebur serta tenggelam di perairan kali. Petugas mendapatkan informasi, korban sebelumnya menderita sakit epilepsi.

Kronologi kejadiannya, diawali Sabtu soren (4/3) korban menelpon rekannya, yaitu Saksi 1 Danang untuk diajak mancing. Tapi Danang saat itu tengah pergi ke Tirtomoyo dan meminta agar mancingnya menunggu kepulangannya.

Operasi SAR

Tapi nampaknya, korban nekat mancing sendirian ke Kali Sidowayah. Pulang dari Tirtomoyo, Danang menuju ke lokasi yang biasa untuk memancing, tapi hanya menemukan pancing dan ponsel korban. Danang, kemudian meminta bantuan Saksi-2 Warno, bersama masyarakat untuk melakukan pencarian.

Tragedi ini kemudian dilaporkan ke Pamong Desa Sidorejo dan diteruskan ke Polsek Tirtomoyo. Pihak Polsek segera mendatangi lokasi bersama relawan SAR dan petugas medis Puskesmas serta personel TNI dari Koramil-7 Tirtomoyo, untuk bersama-sama melakukan pencarian korban.

Ketua SAR Wonogiri yang juga menjabat Kasat Binmas Polres Wonogiri, AKP Setiyono, menyatakan, evakuasi korban kecelakaan air ini dilakukan oleh personel SAR Wonogiri Unit Tirtomoyo. Berhasil menemukan jenazah korban pada Pukul 18.15. Anggota senior SAR Wonogiri, Wisnu, menegaskan, begitu korban berhasil dievakuasi, operasi SAR penanganan kecelakaan air dinyatakan diakhiri.

Hasil pemeriksaan medis, tidak ditemukan tanda-tanda mencurigakan, dan kematian korban disebabkan karena tenggelam. Usai pemeriksaan, jenazah pria N kemudian diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan. Pamong Desa Sidorejo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, ikut hadir menyaksikan penyerahannya.

Bambang Pur