Ketua Hubungan Antar Lembaga PWI Surakarta Setyo Wiyono  yang juga pengurus KONI Solo sedang menyampaikan materi  Jurnalistik Kehumasan dalam Workshop Jurnalistik yang digelar Komite Olahraga Nasional Indonesia. Foto: KONI Solo

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Solo gelar kegiatan workshop jurnalistik dan Teknologi Informatika (IT), Sabtu (4/3).

Kegiatan workshop dengan menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta sebagai pemberi materi terkait dengan jurnalistik bertujuan membuat seluruh cabang olahraga yang tergabung dalam Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Solo dapat memublikasikan dan mempromosikan cabang olahraga (Cabor) masing-masing.

“Kegiatan ini khusus bagi humas Cabor di KONI Solo. Untuk jumlah cabor saat ini terdapat 62 dan hampir sebagian besar telah hadir,”kata Ketua KONI Solo Lilik Kusnandar dalam sambutannya ketika membuka kegiatan Workshop Jurnalistik.

Pentingnya kehumasan bagi Cabor, lanjut Lilik Kusnandar, antara lain dapat mengangkat aspek prestasi dari Cabor masing-masing. Selain itu bagi humas Cabor dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam penulisan berita olahraga.

Prestasi olahraga tidak hanya tergantung dengan Atlet, Pelatih dan Alat saja. Tetapi harus mengetahui aspek-aspek lain seperti publish agar prestasi atlet terlihat masyarakat luas. Para humas ini nanti yang akan memberitakan cabornya masing-masing.

Pelatihan juga sebagai salah satu upaya persiapan menjelang pelaksanaan Porprov Jateng 2023.“Yang jelas kita maunya olahraga bukan hanya tau oleh atlet berprestasi atau orang-orang di lingkungan KONI saja. Tapi masyarakat harus tau melalui media,” kata Ketua KONI Solo.

Masih dalam kesempatan sama Ketua Panitia Kegiatan dari KONI Solo, Bambang Sugeng menjelaskan, workshop jurnalistik bertujuan agar cabor bisa lebih mengerti publikasi melalui media sosial dan media mainstream.

Cabor dapat melakukan komunikasi dengan media melalui pemberian informasi tentang kegiatan cabagolahraga. Sehingga informasi  akan terpublikasi oleh media dan sebagai penyemangat bagi atlet ataupun pengurus.Pihaknya berharap dalam jangka panjang pada pelaksanaan porprov, cabor dapat menjadi pusat informasi.

Bagus Adji