blank

blank
Oleh: Machmud Reza Fachrizal. S.Pd.SD

UKGS singkatan dari Usaha Kesehatan Gigi Sekolah. Program UKGS merupakan bagian dari Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang melaksanakan pelayanan gigi dan mulut secara terencana pada para siswa terutama siswa Sekolah Dasar (SD) dalam satu kurun waktu tertentu, dan diselenggarakan secara berkesinambungan dengan bekerja sama dengan instansi kesehatan terkait.

Gigi termasuk salah satu organ penting dalam tubuh kita, khususnya dalam sistem pencernaan yang ada di dalam rongga mulut untuk membantu manusia dalam proses menggigit, memotong, mengunyah, menyobek dan mengahaluskan makanan. Gigi merupakan gerbang dari sistem pencernaan. Gigi yang sehat akan berfungsi dengan baik dan mengoptimalisasi proses pencernaan secara maksimal dan menyeluruh.

blank

Melihat pentingnya kebersihan gigi, SD Negeri 1 Kedungsarimulyo telah melaksanakan kegiatan pembiasaan sikat gigi bagi siswa, bekerjasama dengan Puskesmas Welahan 2. Pembiasaan itu meliputi kegiatan sikat gigi bersama setiap hari Sabtu.

Selain itu juga melakukan penyuluhan dan bimbingan kepada siswa secara rutin bagaimana cara menjaga kesehatan gig yang benar. Dukungan dari kepala sekolah, guru dan wali murid semakin menambah greget untuk terus dan terus melanjutkan kegiatan UKGS tersebut. Kesadaran untuk sikat gigi kita tanamkan sejak dini, agar menjadi terbiasa di kemudian hari.

Gigi juga berperan penting didalam mengidentifikasi korban, ldentifikasi korban melalui sarana gigi dan mulut dapat dilakukan dengan menggunakan data gigi (dental record).

Pada akhir bulan Januari 2023 kemarin, SD Negeri 1 Kedungsarimulyo mendapat kunjungan tamu spesial dari PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) Kabupaten Jepara. Baik materi atau praktik dilakukan bersam siswa di halaman SD Negeri 1 Kedungsarimulyo. Antusias siswa sangat terasa, hal ini semakin menambah wawasan dan pengetahuan bagi warga sekolah terhadap materi/ penyampaiannya, khususnya kegembiraan siswa yang sangat antusias sekali. Sisa makanan akan menimbulkan penyakit pada gigi kalau malas gosok gigi. Selain mengedukasi siswa, teman-teman PDGI juga melibatkan orang tua/ walimurid untuk berperan aktif dalam melakukan sikat gigi dua kali sehari, yaitu waktu pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur dengan mengisi formulir kegiatan selama 21 hari dan berkirim foto bersama anak dan orang tua ketika sikat gigi.

blank

Beberapa cara yg harus diperhatikan biar gigi dan area mulut tetep sehat :
Pertama, diet makanannya diperhatikan, jangan makan yg terlalu banyak mengandung gula dan makanan yg lengket.
Kedua, plak dan sisa makanan di gigi harus dibersihkan dengan menyikat gigi;
ketiga, menyikat giginya tapi jangan sampai merusak struktur gigi dan gusi, harus dengan teknik yg bener.

Jika ada gigi yang berlubang, harus segera ditangani/ditambal ke dokter gigi. Namun jika gigi sudah tidak bisa dipertahankan, maka harus segera dicabut karena akan menimbulkan bakteri yang bisa berdampak ke gigi lainnya.
Berapa pentingnya gigi, mari kita sadar diri dengan mengedukasi keluarga, orang terdekat atau disekitar kita, untuk rajin gosok gigi.

Harapan kami ke depan nantinya, anak-anak memiliki rasa tanggung jawab untuk memelihara serta menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menggosok gigi yang tepat dan kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.
Semoga tulisan ini bermanfaat, salam sehat dan bahagia selalu.

Penulis Guru SD Negeri 1 Kedungsarimulyo. Satkordikcam Welahan