Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat dan Komisaris Johan Hidayat saat meninjau nursery stevia di kompleks Laboratorium Penelitian Rempah pabrik jamu tersbesar di Asia Tenggara itu. Foto: wied

 UNGARAN (SUARABARU.ID) – Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat dan Komisaris Johan Hidayat menanam jahe emprit jenis Halina di lahan green house kompleks pabrik Bergas, Kabupaten Semarang, Rabu (1 Maret 2023).

Bibit jahe yang ditanam merupakan kultur jaringan yang dihasilkan Laboratorium Penelitian Tanaman Rempah Sido Muncul, yang diresmikan 22 Desember 2023 lalu oleh Kepala Badan POM.

Selain menanam bibit jahe halina, Irwan Hidayat juga meninjau tanaman stevia yang merupakan bahan pemanis alami dan tanaman mint, di nursery yang berdampingan dengan green house dan laboratorium. “Ini bahan-bahan untuk produk Tolak Angin. Akhir Maret ini sudah panen” kata Irwan Hidayat.

Pusat Penelitian Tanaman Rempah Sido Muncul (PPRS) yang baru beberapa bulan diresmikan itu dilengkapi dengan fasilitas Laboratorium Kultur Jaringan, Nursery, dan Green House Produksi, yang menggunakan teknologi drip irrigation system dari Netafim.

Dalam pengembangannya saat ini, Sido DIkatakan Irwan Hidayat, Sido Muncul melakukan penelitian beberapa tanaman rempah. Di antaranya mengenai pemuliaan tanaman lempuyang, jahe, dan kapulaga dengan BB Biogen dan BRIN, serta pengembangan tanaman jahe, kunyit, kencur, stevia, mentha, dan tanaman rempah lainnya.