Ilustrasi bulan Ramadhan 2023. Foto: Freepik/Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Seluruh umat Muslim, dalam waktu dekat akan memasuki bulan Ramadhan 2023. Untuk mengetahui awal puasa Ramadhan biasanya ditentukan melalui sidang Isbat.

Kapan sidang Isbat Ramadhan 2023 dilakukan? Dilansir dari Suara.com (menurut KBBI), sidang Isbat memiliki arti penyungguhan, penetapan, atau penentuan.

Sidang Isbat ini umumnya dilakukan untuk menetapkan awal bulan Ramadhan atau hari penting lainnya pada kalender Hijriah. Kira-kira kapan sidang Isbat Ramadhan 2023 akan dilakukan?

Jadwal sidang Isbat Ramadhan 2023

Umumnya, sidang Isbat dilakukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia satu hari sebelum ditetapkannya awal Ramadhan.

Dalam sidang Isbat tersebut, Menteri agama akan mendengarkan masukan-masukan yang diberikan para ulama dalam menetapkan awal bulan Ramadhan.

Dalam sidang Isbat menentukan awal Ramadhan, ada 2 metode yang dilalukan. Adapun untuk menetapkan awal Ramadhan ini menggunakan dua metode, yakni metode rukyatul hilal dan metode hisab.

Metode rukyatul hilal merupakan kegiatan mengamati hilal atau merukyah (bulan sabit di fase awal bulan baru) dengan menggunakan mata telanjang atau secara langsung.
Hisab merupakan metode perhitungan astronomi serta matematis guna menghitung posisi bulan untuk menetapkan awal bulan Hijriah, termasuk awal Ramadhan dengan menggunakan bantuan komputer canggih.

Untuk pelaksanan sidang Isbat Ramadhan 2023 sebelumnya sudah disebutkan di atas akan dilakukan sehari sebelum menetapkan awal Ramadhan.

Namun Muhammadiyah sudah menetapkan awal Ramadhan 2023 yaitu pada tanggal 23 Maret 2023. Ini sesuai dengan isi Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah No 1/MLM/I.0/E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 Hijriah.

Sedangkan Pemerintah dan NU (Nahdlatul Ulama) dalam menentukan awal Ramadhan akan melalui sidang Isbat dengan menunggu hasil pemantauan hilal.

Adapun pelaksanaan sidang Isbat, jika merujuk dari penanggalan Hijriyyah 1444, untuk awal Ramadhan antara tanggal 22-23 Maret 2023. Itu artinya, sidang Isbat akan dilakukan antara tanggal 21 atau 22 Maret 2023.

Itu tadi mengenai kapan sidang Isbat Ramadhan 2023 yang perlu diketahui umat Muslim. Semoga Ramadhan 2023 yang akan datang ini kita semua diberikan kelancaran dalam berpuasa dan ibadah lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ning Suparningsih