blank
Ilustrasi unggas yang dapat menularkan virus. Foto: Dok/Alodokter

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Manusia tentu ingin hidupnya selalu sehat. Karena kesehatan merupakan suatu hal yang sangat diinginkan oleh setiap orang di muka bumi ini.

Adanya berbagai macam penyakit yang mengintai manusia kapan saja, dapat dijadikan sebagai pengingat agar kita lebih berhati-hati dalam kehidupan sehari-hari, dan harus selalu menerapkan pola hidup sehat.

Dikutip dari Suara.com, salah satu penyakit yang membahayakan manusia adalah flu burung. Secara garis besar, flu burung sendiri dapat diartikan sebagai penyakit hewan yang bisa menular kepada manusia.

Meski penyebarannya cukup sulit dicegah, namun masih ada beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk menghindari penularan penyakit flu burung tersebut.

1. Menjaga jarak dengan tempat pemeliharaan unggas

Cara pertama yang bisa diterapkan dalam menghindari penularan flu burung adalah dengan memastikan jarak antara tempat yang kamu tinggali serta tempat pemeliharaan unggas tidaklah terlalu dekat. Jarak antara keduanya paling tidak 25 meter.

2. Selalu mengkonsumsi telur serta daging unggas yang telah dimasak matang

Cara lainnya yang juga dapat kamu terapkan adalah dengan mengkonsumsi telur maupun daging dari unggas yang telah dimasak matang.

Hindarilah mengkonsumsi daging unggas liar yang merupakan hasil buruan. Hal ini dikarenakan daging tersebut belum tentu sehat dan bisa saja berdampak buruk bagi tubuh.

3. Saat membeli ayam, lebih baik tanpa sayap dan jeroan
Ketika membeli ayam sebaiknya hindarilah bagian sayap serta jeroan. Selain itu, saat mulai memasak daging ayam yang telah dibeli tersebut, jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa api yang digunakan sudah mencapai lebih dari 70 derajat celcius.

4. Tidak berkunjung ke daerah di mana wabah flu burung tengah menyebar

Ini harus kamu terapkan jika ingin terhindar dari penyakit flu burung. Tidak berkunjung ke daerah di mana wabah flu burung sedang menyebar merupakan salah satu langkah tepat yang bisa dilakukan, agar dapat meminimalisir risiko terjadinya penularan flu burung itu sendiri.

Itulah beberapa cara menghindari flu burung yang bisa kamu terapkan. Tetap waspada dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan.

Ning Suparningsih