buah durian
Masyarakat Dusun Bojong, Desa Giyanti, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang saat menggelar Festival Tanaman dan Durian dengan membawa ratusan buah durian yang dibentuk dalam gunungan. Foto: W. Cahyono

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)-  buah durian lokal dari Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang diperebutkan  oleh ratusan orang yang menyaksikan  Festival Tanaman dan Durian (Tandurian) di  Sentra Tanaman Hias Bojong Berkembang, Dusun Bojong, Desa Giyanti, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Minggu (26/2/2023).

Sebelumnya, arak-arakan lima buah gunungan durian tersebut dari   pojok Dusun Bojong, Desa Giyanti ke Sentra Tanaman Hias Bojong Berkembang yang berjarak sekitar 700 meter.

Sesampainya di depan Sentra Tanaman Hias Bojong tersebut, ratusan orang yang telah menanti tidak sabar untuk berebut buah durian tersebut.

Tidak kurang lima menit, kelima gunungan durian tersebut sudah ludes habis diperebutkan.

Selain buah durian, masyarakat Dusun Bojong juga mempersembahkan aneka tanaman hias untuk menghias gunungan tersebut dan tanaman hias tersebut juga diperebutkan untuk umum.

Ketua Panitia Festival Tanaman dan Durian, Nurul Khakim Baihaki mengatakan, acara arak-aarakan gunungan durian tersebut  merupakan puncak  dari acara Festival Tanaman dan durian yang berlangsung selama dua hari yakni sejak Sabtu (25/2/2023) kemarin.

“Pada hari pertama Sabtu kemarin, kami menggelar berbagai macam kesenian tradisional dan juga  tanaman hias serta buah durian  lokal Candimulyo,” kata Khakim.

Ia menambahkan, tujuan diselenggarakan Festival Tanaman dan Durian tersebut,  yakni untuk memperingati ulang tahun ke-2 Sentral Tanaman Hias Bojong Berkembang. Selain itu, juga untuk lebih mengenalkan potensi yang ada di Desa Giyanti, yakni buah durian.

Khakim menambahkan, pada  festival tersebut juga digelar kontes buah durian dan tanaman hias. Untuk kontes durian, kategorinya ukuran yang terbesar. Adapun syarat yang harus dipenuhi yakni, buah durian tersebut  harus produk lokal dari Kecamatan  Candimulyo,Kabupaten Magelang.

Sedangkan,  untuk bazar tanaman dengan  berbagai jenis tanaman hias seperti aglonema, anthurium, philodendron dan lain sebagainya.

”Untuk kontesnya, kita berkolaborasi dengan Asosiasi Aglonema Magelang. Jadi kontesnya ini untuk tanaman aglonema dengan kategori ukuran mulai kecil , tujuh daun dan juga ada tunggal dewasa, kemudian rumpun,” katanya. W. Cahyono.