blank
Kegiatan Bimtek pertolongan pertama medis Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Semarang. Foto: Dok/Basarnas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Semarang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pertolongan Pertama Medis yang berlangsung di Balai Kartini, Kabupaten Rembang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 21 hingga 23 Februari 2023.

Wakil Bupati Rembang, Mochamad Hannies Cholil Barro menyambut baik kegiatan tersebut. “Kami Pemerintah Rembang mengapresiasi terselenggaranya Bimtek Pertolongan Pertama Medis yang cukup penting ini, karena berhubungan erat dengan keselamatan manusia, berhubungan dengan nyawa manusia, dalam hal tolong-menolong saling menyelamatkan sesama satu sama lain,” ungkapnya, Kamis (23/2/2023).

Sementara Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, Heru Suhartanto mengatakan, kegiatan yang digelar ini merupakan salah satu tugas dari Basarnas.

“Sesuai amanat Undang-undang No. 29 tahun 2014, Basarnas memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan terhadap para potensi, salah satunya adalah melalui pelatihan atau bimbingan teknis di bidang pencarian dan pertolongan,” kata Heru.

“Tujuan kegiatan bimbingan teknis ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pertolongan pertama, di mana para peserta adalah masyarakat yang berpotensi di Kabupaten Rembang, Pati dan Blora yang berjumlah 50 orang,” lanjut Heru.

Pembekalan materi yang disampaikan instruktur dari Kantor SAR Semarang diantaranya substansi Basarnas, pengantar pertolongan pertama, pemeriksaan fisik, pemindahan korban, fraktur, BDD RJP, penanganan cedera kepala, perdarahan, dilanjutkan simulasi penanganan korban kecelakaan.

“Kami berharap teori maupun praktik yang diberikan dapat diserap dan bermanfaat, serta dapat diaplikasikan di dalam setiap kegiatan operasi pencarian dan pertolongan. Utamakan keselamatan diri dan hindari sikap takabur atas kemampuan yang sudah teman-teman miliki,” pungkas Heru.

Ning Suparningsih