Bupati Indrata Nur Bayu Aji (membungkuk kiri) bersama Forkompimda Pacitan, memimpin ziarah dengan menaburkan bunga ke makam tokoh cikal bakal Pacitan.(Dok.Prokopim Pamkab Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Memperingati Hari Jadi Ke-278 Kabupaten Pacitan Tahun 2023, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (Mas Aji), Jumat (17/2), bersama Forkopimda memimpin ziarah ke makam tokoh cikal bakal Kabupaten Pacitan.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, ziarah dilakukan ke Makam Notopuro di Desa Kembang. Bersamaan itu, Wakil Bupati Pacitan, Gagarin, memimpin ziarah ke Makam Setroketipo di Desa Widoro. Untuk ziarah ke Makam Kanjeng Jimat di Desa Tanjungsari, dipimpin oleh Pimpinan DPRD Pacitan.

Mas Aji dan rombongan, tiba di kompleks Makam Notopuro disambut langsung Kepala Desa (Kades) Kembang bersama Juru Kunci Makam serta tokoh masyarakat. Acara berlanjut dengan menggelar doa, dzikir, tahlil, yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Pacitan, Muhammad Nasim.

Selepas dari makam Notopuro, Mas Aji dan rombongan melanjutkan ziarah ke Makam Ki Ageng Petung yang lokasinya tak jauh dari Makam Notopuro. Ki Ageng Petung, merupakan kakek buyut dari Notopuro. Di makam tokoh yang menjadi akar Babad Tanah Pacitan itu, Mas aji juga melakukan doa, dzikir dan tahlil.

Ki Ageng Petung yang memiliki nama Kyai Siti Geseng, punya peran sentral dalam membuka (babat) Tanah (Bumi) Pacitan. Beliau adalah murid dari Bathara Katong bersama Syeh Maulana Maghribi dan Kiai Ampok Boyo, yang kemudian dalam ceritanya berganti nama menjadi Ki Ageng Posong.

Bambang Pur