paspor haji
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Wonosobo di Kabupaten Magelang, Ari Widodo saat membuka Sosialisasi Penerbitan Paspor Calon Jemaah Haji tahun 2023 di Magelang, Selas (14/2/2023). Foto: W. Cahyono

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Kantor Imigrasi  Kelas II Non TPI Wonosobo  memberikan pelayanan penerbitan paspor haji  tahun 2023 di wilayah eks Karesidenan Kedu, di Unit Kantor Kerja Imigrasi (UKK) Kelas II Wonosobo di Kabupaten Magelang.

“Penerbitan paspor haji di Unit Kantor Kerja Kantor Imigrasi  Kelas II Wonosobo di Kabupaten Magelang tersebut untuk mempermudah pelayanan pembuatan paspor haji bagi para calon jemaah haji  di wilayah eks Karesidenan Kedu,” kata Kepala Kantor Imigrasi  Kelas II Wonosobo di Kabupaten Magelang, Ari Widodo di sela-sela acara Sosialisasi Penerbitan Paspor Calon Jemaah Haji tahun 2023 di Magelang, Selasa (14/2/2023).

Ari mengatakan,  pembuatan paspor haji di UKK Imigrasi Kelas II Wonosobo di Kabupaten Magelang tersebut  dalam rangka mendekatkan kepada masyarakat yang memerlukan pelayanan penerbitan paspor di wilayah terdekat.

Menurutnya, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo mempunyai cakupan wilayah kerja di lima dari enam kabupaten/kota yang ada di eks Karesidenan Kedu, yakni Wonosobo, Temanggung,Kota Magelang, Kabupaten Magelang dan Purworejo. Sedangkan wilayah Kabupaten Kebumen masuk dalam wilayah kerja Kantor Imigrasi Cilacap.

Ia menambahkan, pada tahun haji 2023 ini pihaknya juga akan memberikan layanan penerbitan paspor haji bagi calon Jemaah haji asal Kabupaten Banjarnegara.

Sebelumnya,  untuk warga masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Banjarnegara bila hendak membuat paspor harus  ke  Kantor Imigrasi Cilacap. Namun karena ada permintaan dari masyarakat Banjarnegara untuk mengurus paspor di Kantor Imigrasi Wonosobo, maka  pihaknya melayani permintaan tersebut. Selain itu, secara geografis, wilayah Kabupaten Banjarnegara , jaraknya tidak terlalu jauh dengan  Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo.

Ia menambahkan, sosialisasi tersebut dilakukan dalam rangka  memberikan layanan bagi para calon  jemaah haji yang akan menuaikan ibadah haji di tahun 2023 ini.

Pada  sosialisasi penerbitan paspor haji tersebut pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Magelang. Selain itu juga  menggandeng Kantor Kementerian Agama yang ada di lima wilayah eks Karesidenan Kedu dan Banjarnegara dan kelompok bimbingan haji dan umroh.

Adapun narasumber sosialisasi tersebut yakni Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Magelang Trustiaringsih dan Mirza Dwitri Patria, Kepala Seksi  Dokumen dan Izin Tinggal Kantor Imigrasi  Kelas II Non TPI Wonosobo . W. Cahyono