blank
Berbagai macam varietas kopi di Indonesia. Foto: Dok/Coffeeland.co.id

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bagi kamu penggemar kopi, pasti sudah mengetahui macam-macam varietas kopi di Indonesia.

Indonesia memiliki beragam kekayaaan yang tersebar luas dari Sabang sampai Merauke, begitu pun dengan kopi. Indonesia menjadi salah satu Negara penghasil kopi terbesar di dunia. Terbukti dengan banyaknya kopi Indonesia yang digemari masyarakat dunia.

Melansir dari Coffeeland.co.id, ada 2 jenis kopi yang perlu kamu ketahui, yakni Arabika dan Robusta. Lantas apa bedanya? Perbedaannya terletak pada bentuk biji kopi.

Arabika memiliki bentuk biji sedikit memanjang agak pipih dan ukurannya agak besar. Sedangkan Robusta lebih bulat dan terlihat padat serta ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan kopi Arabika. Indonesia juga memiliki beragam varietas kopi. Apa saja varietas kopi Arabika yang ada di Indonesia? Simak yuk…

1. Kopi Aceh Gayo
Kopi Aceh Gayo yang berjenis arabika ini banyak tumbuh di dataran tinggi Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah dan Gayo Lues. Kopi Aceh Gayo memiliki rasa yang unik dibandingkan jenis kopi Arabika yang ada.

Disamping dikenal dengan rasanya yang unik, enak, dan tidak terlalu pahit, baunya pun wangi. Kesempurnaan rasa dan aromanya itulah yang membuat kopi Gayo menjadi salah satu kopi terbaik dan termahal di dunia.

2. Kopi Toraja
Kopi Toraja berasal dari Sulawesi Selatan. Kopi Toraja tidak hanya dikenal di negeri sendiri, tetapi juga mancanegara seperti Jepang dan Amerika. Kopi Toraja dianggap sebagai minuman premium, bahkan sudah dipatenkan oleh perusahaan Jepang bernama Key Coffee sejak tahun 2005. Kopi Toraja menjadi salah satu kopi terbaik, kopi Toraja memiliki dua varian yaitu Arabika dan Robusta. Keduanya memiliki sentuhan rasa kayu manis atau kapulaga.

3. Kopi Papua Wamena
Jenis kopi Indonesia terbaik salah satunya adalah kopi Papua dari Wamena. Kopi ini memiliki rasa yang unik dengan aroma cokelat dan floral. Rasa asamnya sedang dan body medium. Kopi Papua ini adalah jenis kopi Arabika yang ditanam di Lembah Baliem Pegunungan Jayawijaya, dengan ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kampung Tagulik Distrik Bugi Kabupaten Jayawijaya adalah salah satu nama daerah yang didominasi oleh petani kopi. Istimewanya, kopi ini ditanam menggunakan alat tradisional. Sehingga kopi asal Papua ini ditanam tanpa menggunakan pupuk kimia dan pestisida.

4. Kopi Bali Kintamani
Beda jenis kopi, beda juga karakteristiknya. Ciri khas dari kopi Bali Kintamani adalah adanya rasa pahit sekaligus bercita rasa jeruk. Ini dihasilkan karena petani kopi di Kintamani bertetangga dengan kebun jeruk, sehingga ada aftertaste segar dari kopi Kintamani. Jenis kopi ini dikenal dengan origin coffee. Kopi ini sudah banyak tersedia di Jepang, Perancis dan beberapa negara Eropa lainnya.

5. Kopi Flores Bajawa
Kopi Bajawa dari Flores ditanam di ketinggian 1.000-1.550 meter di atas permukaan laut (mdpl) di perkebunan yang berada di Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kopi Flores memiliki ciri khas rasa nutty atau kacang-kacangan, serta karamel. Teksturnya kental dengan sensasi sedikit asam tapi masih aman di lambung.

6. Kopi Java
Kopi Java merupakan jenis kopi dari Pulau Jawa. Kopi ini pertama kali diekspor pada tahun 2011 dan popularitasnya semakin meningkat. Sampai di tahun 2016, Indonesia berhasil mengekspor 43 kontainer atau 859 ton kopi. Ciri khas dari kopi Java ini adalah adanya sensasi rasa pedas dengan sentuhan floral.

7. Kopi Malabar
Kopi Malabar berasal dari daerah Pegunungan Malabar, Jawa Barat. Kopi Arabika Malabar, memiliki cita rasa yang unik. Didominasi dengan warna cokelat gelap, Arabika Malabar terasa seperti rempah, kacang, sedikit manis, dan terkadang ada rasa nangka. Arabika Malabar merupakan jenis kopi yang memiliki keasaman medium hingga atas. Tingkat keasaman pada kopi ini dapat dipengaruhi beberapa faktor seperti, tempat tanaman kopi tersebut tumbuh, dan juga cara pengolahan biji kopi tersebut.

8. Kopi Mandheling
Kopi Mandailing atau Mandheling adalah kopi Arabika yang berasal dari daerah Mandailing, Pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Utara. Kopi ini mempunyai citarasa kekentalan yang bagus, keasaman medium, rasa floral dengan akhir rasa yang manis.

Untuk pemesanan kopi supaya kegiatan seduh kopi di rumah kamu tetap berjalan lancar, Coffeeland Indonesia menyediakan berbagai varian kopi nusantara seperti Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty.

Ning Suparningsih