Poster Donor Darah yang akan digelar Klinik Kimia Farma USM.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Klinik USM Jaya managed by Kimia Farma (Universitas Semarang)  bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang akan menggelar donor darah pada Senin (13/2/2023) di Klinik USM Jaya mulai pukul 08.00-12.00 WIB.

Kegiatan ini mengundang Civitas Akademika USM dan masyarakat sekitar agar turut mengambil peran.

Menurut Kepala Klinik USM Jaya, Reza Nazarudin Hidayat, kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan serta sebagai wujud peranan USM untuk masyarakat.

“Kami akan berikan pelayanan terbaik untuk mahasiswa, Civitas Akademik USM, dan masyarakat karena pihak Universitas (USM) telah mendukung kami, ini bentuk timbal balik ,” ujarnya.

Selain itu, katanya, kegiatan ini juga sebagai bentuk branding Klinik USM Jaya agar lebih dikenal masyarakat.

“Jadi jika ada masyarakat atau warga USM butuh pertolongan, kita bisa meng-cover layanan kesehatan untuk mereka,” tutur Reza.

“Semoga saat kegiatan nanti banyak masyarakat dan pegawai USM yang hadir dan dapat menodorkan darahnya, sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan rutin ke depan,” imbuhnya.

Dia mengatakan, syarat agar dapat mendonorkan darah adalah rentang usia 17-60 tahun, berat badan minimal 45 kg, tidak sedang mengonsumsi obat, tidak memiliki penyakit menular, dan khusus wanita tidak sedang hamil, menyusui atau menstruasi.

Reza mengimbau masyarakat agar tidak takut mendonorkan darah karena akan dilakukan skrinning (pengecekan kesehatan) terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh sebelum melakukan donor.

“Yang penting datang saja dahulu, bisa atau tidak bisa itu urusan Dokter yang menentukan. Nanti setelah donor akan mendapatkan bingkisan,” tandasnya.

Dia mengungkapkan, selain membantu masyarakat yang membutuhkan, donor darah juga banyak manfaat untuk tubuh di antaranya, menurunkan resiko kanker, menjaga kesehatan jantung dan memperlancar peredaran darah.

Zidan/Mh