blank
URINE - Kalapas Brebes, Isnawan dan Ka BNN Kota Tegal Sudirman menunjukan hasil tes urine. (Foto: Istimewa)

BREBES (SUARABARU.ID) – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal, mendadak melakukan tes urine terhadap 56 petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes, Kamis (9/2/2023).

Kepala BNN Kota Tegal Sudirman menyampaikan, pelaksanaan tes urine kepada semua petugas Lapas Brebes menjadi wujud komitmen kolaboratif. Khususnya, sinergitas BNN menggencarkan perang melawan narkoba dengan program Zero Halinar dari Lapas. Yakni, Lapas menyatakan bersih dari handphone, pungutan liar dan narkoba.

“Kami sangat mengapresiasi Lapas Brebes, yang ikut mengimplementasikan program Bersih dari Narkoba dengan Halinar. Terbukti, semua petugas lapas negatif hasil tes urinenya,” ungkap Sudirman.

Selain menggelar tes urine Lapas Brebes juga sepakat meneken kerjasama optimalisasi program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Harapannya, komitmen itu terwujud dengan lingkungan Lapas yang steril dari penggunaan handphone, pungutan liar dan narkoba. “Kerjasama P4GN dan Halinar, sudah berlangsung lama. Sehingga, terus berkelanjutan agar eksistensinya terjaga,” ujarnya.

Kepala Lapas Kelas II B Brebes Isnawan menambahkan, tes urin kepada semua petugas lapas menjadi bukti keterbukaan lapas perang melawan narkoba. Sekaligus, meyakinkan semua elemen masyarakat bahwa Lapas Brebes tidak mentolerir penggunaan hp bagi warga binaan. “Selain itu, tidak ada pungutan liar dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan Lapas Brebes,” pungkas Isnawan.

Sutrisno