JEPARA (SUARABARU.ID) – Penjabat (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta kembali mengunjungi Desa Jlegong dan Desa Klepu, Kecamatan Keling, Kamis, (9/2/2023), mendapatkan informasi penurunan angka stunting cukup signifikan di kedua desa tersebut.

Di Desa Jlegong, tercatat angka stunting sejumlah 31 anak di tahun lalu dan turun hanya menjadi 1 anak. Sedangkan di Desa Klepu, Pj. Bupati mendapati hanya ada 4 anak penderita stunting.

Edy juga mengapresiasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dimiliki kedua desa tersebut. BUMDes Mart milik Desa Jlegong serta pengembangan desa wisata di Desa Klepu diharapkan dapat memutar roda perekonomian desa.

Sementara saat bertemu dengan Pj Bupati Jepara sejumlah warga perihal BPJS melalui Kartu Indonesia Sehat – Penerima Bantuan Iuran (KIS-PBI). Pasalnya program tersebut memerlukan re-aktivasi sehingga beberapa warga yang belum mengetahui informasi tersebut kesulitan.

Selain itu warga juga menyampaikan keluhan tentang penerangan jalan kabupaten serta ketersediaan air bersih di daerah tersebut. Permasalahannya, tower air yang telah disiapkan mengalami kekurangan pasokan listrik sehingga pendistribusian air bersih kepada warga terganggu. “Surat ke PLN kasih ke saya, nanti saya telepon manajer PLN cabang Kudus. Saya mau dalam satu bulan ini selesai,” tandasnya.

Dalam kunjungannya Pj. Bupati turut menjenguk beberapa warga Desa Jlegong yang sedang sakit. Diantaranya Kadar warga yang megalami kelumpuhan serta Muhadi penderita stroke dan hernia.
Edy memerintahkan kepada Dinas Kesehatan melalui Puskesmas untuk membantu pengobatan dan memantau perkembangan keduanya. Dirinya juga menegaskan agar puskesmas selalu aktif dalam memberikan pelayanan kesehatan di daerah.

Hadepe