CEK - Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK mengecek kendaraan operasional anggota. (foto: istimewa)

SLAWI (SUARABARU.ID) – Sebanyak 500 personel gabungan dari anggota TNI, Polri, Dishub, BPBD dan Satpol PP mengikuti apel pasukan Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2023 di Halaman Mapolres Tegal, Selasa (7/2/2023). Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2023 di pimpin Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK.

“Penekanan Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2023 ini bersifat preemtif dan preventif secara humanis serta penegakan hukum dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalulintas,” kata AKBP Mochammad Sajarod.

Dijelaskan, Operasi Keselamatan candi tersebut akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai 7 – 20 Februari 2023 mendatang. “Operasi Keselamatan Lalulintas 2023 ini adalah kegiatan untuk persiapan kita menyambut operasi ketupat nanti, dalam rangka Ramadhan dan Idul Fitri,” jelasnya.

Sementara Kasat Lantas Polres Tegal, AKP Erwin Chan Siregar SH SIK mengatakan, ada delapan target Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2023 tersebut, di antaranya pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI, pengendara yang melebihi batas kecepatan, pengendara sepeda motor yang masih di bawah umur, pengendara roda empat atau lebih yang tidak menggunakan sabuk pengaman, mengemudikan kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol, menggunakan hp saat mengemudikan kendaraan, pengendara yang melawan arus, kendaraan over load.

“Dalam operasi itu kami akan lebih mengedepankan himbauan dan teguran serta menyampaikan delapan kategori penyebab pelanggaran yang berpotensi laka lantas, seperti ugal-ugalan, menerobos lampu merah, melawan arus sampai dengan over load,” pungkas AKP Erwin.

Sutrisno