blank
Serah terima Mercedes Benz Bus O 500 RS 1836 M/T dan OH 1626 A/T ke PT. Jasa Rahayu Gumpueng (JRG) yang berlangsung di PT. Hartono Raya Motor, Jalan Semarang Kendal KM. 10 Tambak Aji, Semarang. Foto: Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Serah terima Mercedes Benz Bus O 500 RS 1836 M/T dan OH 1626 A/T ke PT. Jasa Rahayu Gumpueng (JRG) berlangsung di PT. Hartono Raya Motor, Jalan Semarang Kendal KM. 10 Tambak Aji, Semarang, Selasa (7/2/2023).

Teuku Rival, selaku Direktur Utama PT. JRG menyampaikan, industri transportasi, bus Tanah Air semakin bergairah seiring meningkatnva permintaan jasa transportasi bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) setiap tahunnya. Sehingga, banyak Perusahaan Otobus (PO) yang ramai memesan unit armada baru untuk meregenerasi dan menambah armada yang lebih baru dan modern.

Menurutnya, PO JRG baru saja meluncurkan 12 unit bus premium dengan menggunakan bodi Legacy SR3 Suite Class dan sasis Mercedes Benz 0500R 1836 yang dilengkapi dengan bangku kabin penumpang, tipe selonjoran secara penuh, serta dilengkapi dengan perangkat hiburan di perjalanan berupa monitor VOD (Video on Demand).

“Untuk kenyamanan penumpang, bus ini dilengkapi dengan sekat partisi antar ruang penumpang dan awak bus. Partisi ini dirancang agar kedap suara, sehingga penumpang tidak akan terganggu kebisingan dari ruang awak bus. Bus ini juga dilengkapi toilet,” terangnya.

“PO JRG merupakan perusahaan transportasi darat yang berasal dari Aceh. Perusahaan ini memiliki nama yang berasal dari pendirinya, yaitu putra Aceh asli, Amir Gampong Gumpueng, Pidie. Amir adalah pengusaha bus yang telah berpengalaman bertahun-tahun mengelola ratusan bus pariwisata Mitra Rahayu yang beroperasi di Pulau Jawa,” ungkap Teuku Rival, putra dari Amir.

Dijelaskan, PO JRG memiliki konsep bus syariah yang mengedepankan norma-norma agama Islam dalam operasinya. Setiap masuk waktu sholat, bus JRG akan berhenti untuk memberikan kesempatan pada penumpang dan supir melaksanakan sholat wajib. Selain itu, semua supir JRG telah lulus tes mengemudi bus dan dibekali dengan SOP perusahaan yang baku.

Disebutkan bahwa Bus JRG melayani rute Banda Aceh, Medan, Lampung dan Bandung, serta memiliki pool di beberapa kota di Sumatera, yaitu Aceh, Medan Padang, Lampung dan satu pool Kota Bandung di Pulau Jawa.

PO JRG meluncurkan, 12 bus premium baru yang nyaman, dan merupakan rangkaian dari total 100 bus premium yang diluncurkan oleh PO JRG secara keseluruhan. Dengan diluncurkannya 12 bus premium JRG ini, diharapkan mampu mendorong pertumbuhan perekonomian daerah, terutama rute yang dilalui oleh trayek Bus JRG.

“Ditambah dengan dilanjutkannya pembangunan Tol Trans Sumatera yang merupakan bagian dari Proyek Strategis, Nasional (PSN) serta dengan meningkatnya permintaan jasa transportasi Bus AKAP, terutama, rute, Jawa – Sumatera,” tuturnya.

Sementara itu Didie Prastowo selaku Branch Manager PT. Hartono Raya Motor Semarang menambahkan, dalam satu tahun ini pihaknya sudah menerima pesanan 180 unit, dari target 110 unit. “Kita sudah over target, dari target kita 110 unit,” kata Didie.

“Biasanya pembelian akan meningkat setelah lebaran, tinggal menyesuaikan alokasi produksi pabrik. Kemungkinan sampai akhir tahun bisa teralokasi,” tambahnya.

Menurut Didie, permintaan mobil Mercedes Benz pasca pandemi ini sangat luar biasa. Apalagi dengan adanya tol Trans Jawa Sumatera, orang akan lebih merasa aman daripada menggunakan pesawat atau lainnya.

“Ke depan masyarakat lebih banyak ke Surabaya, ke Jakarta- Semarang atau Bandung, Semarang-Bandung, mereka pada menggunakan produk Mercedes Benz,” tandas Didie.

Ning Suparningsih