blank
Ilustrasi manfaat memelihara kucing. Foto: Dok/Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kucing merupakan hewan yang bersih, bahkan telah diteliti, air liur kucing pun lebih bersih dari liurnya anak bayi.

Dalam Islam kucing adalah hewan yang bersih dan terbebas dari najis. Dengan demikian kucing diizinkan masuk ke dalam rumah bahkan masuk ke dalam masjid, maupun Masjidil Haram sekalipun.

Dilansir dari Kucing.co.id, hewan peliharaan ini ternyata banyak sekali manfaatnya. Kucing yang merupakan hewan berbulu dan berkaki empat ini memiliki tingkat yang banyak disenangi oleh para pecinta hewan, serta memelihara hewan.

Meskipun kadang kucing juga kerap merusak barang ataupun pup sembarang tempat. Bahkan kucing sering merusak barang atau benda, akan tetapi masih banyak yang memelihara.

Lantas apa saja manfaat memelihara kucing bagi kita?

1. Mampu mengurangi kecemasan                                       Perlu diketahui jika keberadaan hewan kucing yang lucu ternyata bisa mengurangi kecemasan. Kenyataannya kecemasan adalah salah satu hal yang paling sulit diatasi, terlebih bagi mereka yang merupakan tipe orang yang mudah panik.

Beberapa tingkat kecemasan yang kadang berlebihan juga bisa membuat seseorang lebih mudah terserang panik. Akan tetapi, perlu diketahui juga jika memelihara kucing bisa menurunkan kadar kepanikan atau tingkat kecemasan yang berlebihan.

Beberapa tingkat kecemasan yang kadang berlebihan juga bisa membuat seseorang lebih mudah terserang panik. Akan tetapi dengan memelihara kucing bisa menurunkan kadar kepanikan atau tingkat kecemasan yang berlebihan. Efek menenangkan dari memelihara kucing bisa didapatkan setelah membelai tubuhnya yang halus.

2. Mampu memperbaiki mood
Daftar manfaat memelihara kucing selanjutnya yaitu mampu memperbaiki mood atau suasana hati anda. Beberapa hasil penelitian membuktikan jika memelihara kucing mampu memperbaiki seseorang serta tetap menjaga mulutnya dalam kondisi yang stabil.

Ketika melakukan interaksi dengan si meong gak bisa menaikkan mood anda. Ada bakat unik dari kucing, yaitu hanya mengeong pada manusia saja serta ketika bersama dengan sesamanya mereka menggunakan bahasa layaknya bahasa isyarat.

Akan tetapi untungnya bagi pemelihara kucing, meong itu ternyata dapat memperbaiki mood serta suasana hati. Bukan hanya itu saja, mood yang sulit diatasi untuk orang-orang penderita bipolar akan mudah berubah dan terkontrol dengan baik.

3. Mampu meringankan depresi
Memelihara kucing juga bisa meringankan depresi. Meskipun kucing tidak bisa menyembuhkan depresi layaknya seorang psikolog atau psikiater.

Namun dengan memelihara kucing akan mengalihkan perhatian.  Selain itu, manfaatkan yang bisa didapatkan untuk anak-anak yang tertekan terhadap sebuah masalah. Kucing bisa mengalihkan rasa depresi atau takut mereka dengan bermain bersama.

Kucing mampu meringankan autisme jika kamu memiliki anak yang mengalami autisme, memelihara kucing bisa meringankan autisme yang diderita oleh anak. Anak yang autism akan takut dengan semua orang, sehingga akan mengalami kesulitan ketika berinteraksi sosial serta berkomunikasi dengan baik dan benar.

Manusia autis memiliki cara tersendiri untuk dapat berkomunikasi dengan manusia lain. Tapi sayangnya kita yang tidak merata autis tidak dapat memahami apa yang mereka katakan. Anak autis yang tergolong sulit menerima orang, maka menggunakan kucing adalah salah satu hal yang paling mudah.

4. Mampu membuat usia panjang
Manfaat selanjutnya dari memelihara kucing yaitu ibu memiliki umur panjang. Terlepas hal itu benar atau tidak, akan tetapi secara logika masuk akal jika kita bisa hidup tenang tidak mudah gelisah serta berpikiran positif terus karena adanya keberadaan si kucing yang lucu dan imut.

Itulah beberapa alasan kenapa banyak kakek dan nenek yang berada di luar negeri ataupun di dalam negeri yang memelihara kucing.

5. Kucing merupakan hewan yang paling bersih
Manfaat memelihara kucing yang paling tidak disadari yaitu kucing adalah hewan yang paling bersih. Kamu idak perlu khawatir terhadap hewan peliharaan satu ini karena kucing bisa buang air besar dan kecil tidak mengotori rumah.

Kucing memiliki anti kuman, sehingga kucing sangat jarang sekali terlihat kotor. Kecuali kucing mengonsumsi makanan yang salah, akan tetapi jika kucing dirawat dengan benar tentu kebersihannya sudah terjamin.

6. Kucing mampu menularkan senyum
Ketika sedang mengalami mood yang kurang baik, menggendong kucing bisa menjadi solusi. Ajaklah kucing untuk berbicara sambil mengelus. Dijamin kamu akan mudah tersenyum kembali.

7. Kucing mampu mendeteksi perasaan
Ketika kamu sedang dalam keadaan tidak terjaga, memberikan sinyal dengan mengatakan meong terus menerus. Bahkan ketika ada orang asing di rumah maka kucing akan memberikan suaranya yang terus-menerus.

Selain itu kucing yang mengeong di malam hari atau saat suasana sedang sepi juga bisa mengarah pada adanya orang asing yang ada di sekitar rumah anda.

Melihat kenyataan tersebut kucing akan bisa mengetahui siapa saja tamu yang memiliki hati baik. Sehingga tidak heran jika kucing tidak suka sama seseorang maka ia akan berubah jadi galak, serta menjaga atau terus mengeong seperti bertemu musuh.

8. Kucing bisa menjadi teman di rumah
Kucing merupakan hewan yang setia sehingga dia tahu siapa saja pemiliknya. Saat kamu memberikan perawatan dengan baik dan teratur, maka kucing akan mengetahui jika kamu merupakan pemiliknya.

Saat kamu sedang belajar, santai atau sedih, kucing akan selalu berada di dekat kamu. Kucing tidak bisa berbicara atau menjawab pertanyaan kamu, namun hewan peliharaan satu ini memang dilahirkan dengan insting yang tinggi, serta bisa bertugas menemani majikan.

9. Baik untuk darah tinggi
Penelitian State University of New York menemukan adanya bukti bahwa tekanan darah seseorang cenderung lebih rendah daripada mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Berarti memelihara memanglah cocok untuk anda yang menderita darah tinggi. Hal ini memang bisa membantu kamu dalam mengelola tekanan darah yang ada. Bagi anda yang sudah tua dengan hipertensi yang tinggi akan lebih baik jika memelihara kucing.

Demikian penjelasan terkait manfaat memelihara kucing yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Semoga bermanfaat!

Ning Suparningsih