blank
Atraksi Barongsai dalam Cap go meh di Klenteng Hok Tik Bio Jl. Pemuda Blora, Minggu. Foto Kudnadi

BLORA (SUARABARU.ID) – Ada yang khas dalam perayaan Cap Go Meh yang merupakan rangkaian peringatan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili di Klenteng Hok Tik Bio Jalan Pemuda Blora, Minggu malam, 5 Februari 2023. Yakni menjadi ajang mengenang sosok Presiden ke-4RI , K.H. Abdurrahman Wahid.

Selain itu, pada acara yang menjadi hari terakhir rangkaian masa perayaan Imlek di Klenteng Hok Tik Bio Blora hadir langsung Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si bersama  Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST., MM, itu, adanya sajian lontong Cap Go Meh. Ini yang membedakan perayaan serupa di Cina.

Ketua TTID Klenteng Hok Tik Bio Blora, Budilistijo Suboko menjelaskan bahwa ada yang beda di perayaan Cap Go Meh di Blora dengan yang ada di Cina. Yakni,  adanya makanan khas Lontong Cap Go Meh.

“Perayaan Cap Go Meh disini yang paling khas adalah Lontong Cap Go Meh. Kalau cari di China tidak ada. Itu adalah bukti budaya Tionghoa di Indonesia turut akulturasi budaya Indonesia,” ujar Budilistijo.

Di sela-sela perayaan, Bupati Blora, H. Arief Rohman menyatakan, perayaan Cap Go Meh yang merupakan serangkaian Tahun Baru Tionghoa itu,  mengingatkan Bupati Blora kepada Sosok K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, dan penampilan Barongsai Klenteng Hok Tik Bio.