blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mencoba wahana luncuran rainbow slide di Pitris Ocean View, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Selasa 31/1.(Foto:SB/Dinas Kominfo Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) Satu lagi destinasi keindahan wisata di perbukitan Kebumen berlatar pantai selatan diperkenalkan.

Objek wisata itu tak lain Pitris Ocean View di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah Kebumen. Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Selasa (31/1) telah meresmikan destinasi wisata alam tersebut.

Grand Launching berbarengan kegiatan Bupati Mubeng Kebumen yang turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kebumen Ny Iin Windarti Arif Sugiyanto, jajaran pimpinan OPD, camat, kepala desa, dan masyarakat sekitar.

Bupati mengaku kagum dengan keindahan alam di pesisir selatan Kebumen. Terlebih di Desa Karangduwur, bukan hanya dikenal dengan Pantai Menganti, namun warga masyarakat sekitar mampu memanfaatkan lahan Perhutani dengan membuat wisata baru, yakni Pitris Ocean View. Hebatnya, wahana wisata ini memiliki rainbow slide atau slide pelangi terpanjang di Indonesia.

“Tadi setelah susur pantai dari Pedalen sampai Menganti terlihat pemandangan laut selatan Kebumen sangat Indah. Tidak ada bosannya, dan sekarang masyarakat bisa mencoba wisata baru di Pitris Ocean View dengan Rainbow Slide terpanjang di Indonesia. Bagus sekali ya, berseluncur dari atas gunung dengan pemandangan laut selatan,”ujar Arif Sugiyanto.

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan para pejabat berpose dengan latar Pitris Ocean View di Desa Karangduwur, Ayah, Selasa 31/1.(Foto:SB/Dinas Kominfo Kebumen)

Bupati mengapresiasi kepada masyarakat di Desa Karangduwur bersama pemerintah desa yang terus berinovasi membuat wahana-wahana baru. Dengan begitu, Kebumen semakin dikenal, semakin diminati oleh wisatawan, perekonomian masyarakat pun semakin hidup.

“Memang wisata di Kebumen ini perlu ada pengembangan, bukan hanya yang dikelola oleh pemerintah desa, tapi juga pemerintah daerah. Bila perlu dijalin kerja sama, kita juga membuka ruang agar BUMDes ikut mengelola pariwisata daerah,”ucapnya.

Bupati berharap desa-desa lain juga bisa ikut berkembang, dan berinovasi memajukan wilayahnya dengan potensi yang ada. “Di pesisir selatan ini misalnya, saya harap yang maju bukan hanya Pantai Menganti, tapi pantai-pantai lain juga ikut maju, karena karekteristiknya hampir sama, pegunungan. Syaratnya memang harus ada inovasi,” tandasnya.

Bank BKK Beri Dana CSR

Pada acara Mubeng Kebumen kali ini, juga diberikan dana CSR dari Bank BKK untuk masyarakat pengelola wisata Pitris Ocean View agar semakin berkembang maju.

Sementara itu, Yaman Effendi selaku Wakil Ketua Kelompok Mitra Pitris menambahkan, Rainbow Slide yang ada di Pitris memiliki panjang kurang lebih 120 meter. Ini merupakan yang pertama di Kebumen, dan terpanjang di Indonesia.

“Alhamdulillah kita bersyukur grand launching dihadiri langsung oleh Pak Bupati berbarengan dengan acara Mubeng Kebumen. Harapannya, wisata ini bisa terus berkembang maju,”kata Yaman.

Pihaknya telah mengusulkan kepada Bupati agar menambah daya listrik di area wisata. Pasalnya, saat ini kekuatan daya listrik belum memadai.”Aliran listrik ke Pitris ini belum maksimal, voltasenya sekitar 160, nggak sampai 200. Jadi saya mohon kepada Pak Bupati untuk menyuplai kebutuhan listrik di Pitris dengan membangun togor dan travo lagi,”jelasnya.

Yaman juga meminta penambahan dua jalur dari Pitris sampai jalan raya Suwuk-Logending, dan perbaikan di jalan tersebut.”Tadi Pak Bupati sudah menyampaikan, telah mengusulkan perbaikan jalan dari Suwuk-Logending ke Kementerian PUPR. Mudah-mudahan bisa terealisasi,” ucapnya.

Pengunjung yang ingin datang ke wisata ini cukup dikenakan tarif tiket masuk per orang Rp 10 ribu sudah termasuk free parkir dan mobil shuttle yang siap antar jemput pengunjung ke beberapa titik lokasi. Di Pitris Ocean View juga terdapat wahana kolam renang, resto dan spot-spot foto yang Instagramable.

Untuk mencoba wahana Rainbow Slide, pengunjung cukup membayar Rp 20 ribu saja. Di sana terdapat juga villa penginapan dengan standar hotel bintang tiga, serta ada tempat camping ground dengan tenda yang telah disiapkan. Yuk segera wisata ke Pitris Ocean View.

Komper Wardopo