blank
Peningkatan ptensi aren dengan penanaman bibit pohon aren.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Kelompok Mahasiswa KKN Universitas Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara gandeng mitra pegusaha gula aren untuk melakukan upaya peningkatan potensi aren berkelanjutan melalui penanaman bibit pohon aren.

blank
Tim Mahasiswa KKN Unisnu Jepara di Desa Tanjung.

Penanaman belum lama ini dilakukan di Bukit Dukuh Jabung Desa Tanjung, Pakis Aji, Jepara. Melihat kemanfaatan tanaman serbaguna setelah kelapa ini, kelompok KKN Tanjung 1 memberikan bibit Arenga Pinnata atau Aren dengan harapan pohon aren kelak akan tumbuh dan dapat memberikan keuntungan bagi petani aren secara kontinyu.

Upaya ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari observasi yang dilakukan oleh tim mahasiswa pada petani aren yang semakin kesulitan memanen nira aren akibat masa tunggu produktif pohon aren yang sangat lama yakni setelah berumur 10 tahun.

Mbah Parijan, salah satu petani aren mengungkapkan, “Tidak semua pohon aren bisa menghasilkan nira yang dapat diolah menjadi gula aren secara berkualitas”, terang Mbah Parijan Petani Aren tertua di Desa Tanjung.

Menjadi salah satu problem, apabila tandan yang sedianya bisa menghasilkan buah dan dibiarkan jatuh menjadi bibit pohon aren secara alami, tidak dilakukan oleh petani aren karena dipilih untuk dipanen niranya yang akan diolah menjadi gula aren.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Tanjung 1, Eko Darmawanto, M.Pd mengungkapkan Kalau ingin potensi aren dapat dimanfaatkan secara terus-menerus, langkah tepat apabila kita juga perlu menanam bibit pohon baru untuk dipersiapkan sebagai sumber kemanfaatan kelak.

Untuk menuju lokasi penanaman, tim mahasiswa menempuh jarak 11 Km dari posko (sebelah timur balaidesa Tanjung) menuju Rumah Mbah Parijan dengan menggunakan sepeda motor hingga titik yang hanya dapat diakses dengan jalan kaki akibat salah satu sungai yang tergerus lebih dalam karena banjir.

Setelah itu didampingi oleh Saronji (putra mbah Parijan) berjalan melewati perbukitan menuju lahan miliknya untuk ditanami bibit pohon aren yang telah di bawakan oleh Mahasiswa KKN Tanjung 1.

Bersyukur, cuaca cerah mengiringi perjalanan hingga penanaman bibit pohon aren dapat dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan.

ua/nis