blank
Kedai Dim-Dim Durian, Desa Soco, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, menjajakan buah matang dari pohon, berkualitas, bergaransi, harga bersahabat.(Dok.Tarmin Griya Amanah)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dim-Dim Durian, adalah kedai yang menjajakan buah durian matang dari pohon. Lokasinya di Dusun Soco RT 2/RW 4, Desa Soco Kecamatan Slogohimo (sekitar 45 kilometer arah timur Ibukota Kabupaten Wonogiri), Jateng.

Kedai Dim-Dim Durian, memastikan bahwa durian yang dijajakan selalu fresh dan matang dari pohon. Rasa yang manis dan lezat menjadi jaminan, bahkan jika tidak enak akan diganti.

Dimas Adi Kurniawan, pemilik Dim-dim Durian, menuturkan, usaha jualan komoditas durian matang dari pohon, sudah digelutinya sejak masih SMA. Yakni sekitar Tahun 2008.

Caranya, dengan lebih dulu menebas buah durian di pohon-pohon milik petani Desa Soco Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

Tujuannya, agar buah durian khas Desa Soco, Kecamatan Slogohimo, Wonogiri, ini bisa dikenal masyarakat luas, sebagai buah matang pohon yang berkualitas. ”Dan Desa Soco bisa terkenal sebagai Kampung Durian,” tutur Dimas Adi Kurniawan.

Lezat Legit

Durian (Durio zibethinus) adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Sebutan populernya adalah ”raja dari segala buah” (King of Fruit).

blank
Keluarga yang datang ke Kedai Dim-Durian di Desa Soco, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, ini langsung menikmatinya di tempat.(Dok.Tarmin Griya Amanah) 

Dimas, menyatakan, omset penjualan buah durian di kedai rumahnya, bisa mencapai Rp 1 juta sampai Rp 4 juta setiap harinya. Untuk tahun ini, Dimas menebas (membeli buah durian sejak belum matang) sebanyak 45 pohon. Setiap harinya, kini menghasilkan  sekitar 200 buah durian matang yang siap dijajakan.

Durian lokal Slogohimo, diakui sebagai durian yang lezat dan tidak kalah dengan Durian Ngebel, Ponorogo, Jawa Timur. Itu terbukti, banyak pembeli dari Ponorogo, Jawa Timur, tertarik untuk membeli durian lokal Slogohimo.

Bahkan ada beberapa pedagang durian dari Ngebel, Ponorogo, Jawa Timur, yang kulakan (membeli) durian dalam jumlah banyak dari Slogohimo untuk dijual di Ngebel, Ponorogo.

Pencinta durian, Tarmin, mengatakan, durian lokal Slogohimo, tidak hanya manis dan  lezat rasanya, tapi juga selalu tersedia dalam kondisi yang fresh matang dari pohon. Sehingga, pembeli dijamin puas.

Tarmin, mengajak rekan-rekannya dari Ponorogo untuk berburu durian lokal Slogohimo. Karena memiliki keunggulan rasa, yakni manis, lezat, ada pahitnya dan legit. Dijamin matang dari pohon, kalau rasanya tidak enak ada garansi diganti.

Bambang Pur